Saturday, October 26, 2024
HomeDaratSalib Sydney, Kota Terbesar di Australia Sekarang adalah Melbourne

Salib Sydney, Kota Terbesar di Australia Sekarang adalah Melbourne

Selama ini Sydney dikenal sebagai kota terbesar di Australia. Hal tersebut mengacu pada jumlah terbesar penduduk Australia yang bermukim di Ibu kota Negara Bagian New South Wales (NSW) tersebut. Namun, ada dinamika, bahwa saat ini yang menjadi kota terbesar di Australia adalah Melbourne.

Baca juga: Sejarah Qantas, Maskapai Terbesar Australia dan Paling Aman di Dunia

Dikutip dari BBC.com (18/4/2023), Melbourne telah mengambil alih Sydney sebagai kota terpadat di Australia untuk pertama kalinya sejak demam emas abad ke-19. Sydney sendiri mendapat gelar kota terbesar di Australia selama lebih dari 100 tahun.

Tetapi dengan populasi yang berkembang pesat di pinggiran Melbourne, batas kota telah diperluas hingga mencakup wilayah Melton. Angka penduduk terbaru, dari Juni 2021, menempatkan populasi Melbourne pada jumlah penduduk 4.875.400, atau 18.700 lebih banyak dari Sydney.

Biro Statistik Australia (ABS) mendefinisikan “daerah perkotaan yang signifikan” sebuah kota, dengan memasukkan semua pinggiran kota yang menghubungkan dengan lebih dari 10.000 orang.

“Dengan penggabungan Melton ke Melbourne dalam klasifikasi terbaru, Melbourne memiliki lebih banyak orang daripada Sydney – dan telah terjadi sejak 2018,” kata Andrew Howe dari ABS kepada surat kabar Sydney Morning Herald.

Wilayah kota yang lebih besar memperhitungkan “area fungsionalnya”, kata ABS, dan termasuk populasi yang sering atau bekerja di dalam kota, tetapi mungkin tinggal di kota kecil dan daerah pedesaan di sekitarnya.

Sensus mengungkapkan bagaimana Australia berubah. Namun pemerintah federal memperkirakan Greater Melbourne akan mengambil alih Greater Sydney pada 2031-2032.

Pertumbuhan pesat Melbourne sebagian besar berkat migrasi internasional, kata ahli demografi Australian National University Liz Allen kepada BBC. Allen mencatat bahwa tidak seperti Sydney, yang memiliki “mabuk sejarah” saat “tidak ingin dilihat sebagai apa pun selain kulit putih”, Melbourne memiliki reputasi merayakan keragaman.

Baca juga: Melbourne Kini Punya Restoran Trem Keliling

Ini bukan kali pertama Melbourne menyandang gelar kota terbesar di Australia. Akibat demam emas pada akhir abad ke-19, yang menyebabkan para migran berduyun-duyun ke negara bagian Victoria, Melbourne berkembang pesat dan melebihi jumlah penduduk Sydney hingga tahun 1905.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru