Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa AngkutanGelar Referendum, Warga Paris Putuskan Larang Penyewaan Skuter Listrik

Gelar Referendum, Warga Paris Putuskan Larang Penyewaan Skuter Listrik

Paris berbeda dengan kota-kota besar lainnya di dunia, ketika penyewaan skuter listrik tengah digandrungi oleh kaum urban, maka mayoritas warga Paris, Perancis, justru memilih untuk melarang layanan penyewaan skuter listrik. Hal tersebut tertuang dalam hasil referendum yang digelar oleh warga kota mode tersebut.

Baca juga: Skuter Listrik Tiup Poimo Kini Hadir dalam Versi Custom-Fit, Skuter Bisa Menyesuaikan Badan

Dilansir dari BBC.com (3/4/2023), Warga Paris telah memilih untuk melarang persewaan skuter listrik di kota mereka, yang sekaligus memberikan pukulan bagi operator skuter dan kemenangan bagi juru kampanye keselamatan jalan. Hampir 90 persen suara yang diberikan pada hari Minggu mendukung pelarangan perangkat bertenaga baterai, demikian hasil resmi referendum menunjukkan.

Referendum itu dilakukan sebagai tanggapan atas meningkatnya jumlah orang yang terluka dan terbunuh di e-skuter di ibu kota Perancis. Dari 1,38 juta orang dalam daftar pemilih kota, lebih dari 103.000 orang ikut serta, menurut angka resmi. Dari jumlah tersebut, lebih dari 91.300 memilih menentang skuter.

Paris adalah salah satu kota pertama yang mengadopsi kendaraan listrik – tetapi para kritikus berpendapat bahwa mereka lebih berbahaya daripada menghasilkan kebaikan. Ada kekhawatiran yang berkembang dengan cara beberapa orang mengendarai skuter – berkelok-kelok melewati lalu lintas, menghindari pejalan kaki di trotoar, dan mencapai kecepatan 27 km per jam.

Pengendara sering tidak memakai helm dan anak-anak berusia 12 tahun dapat secara legal menyewa e-skuter. Ada juga kritik bahwa kelompok e-skuter yang diparkir mengotori trotoar.

Pada tahun 2021, seorang wanita Italia berusia 31 tahun tewas setelah ditabrak oleh e-skuter yang membawa dua orang. Dia jatuh dan kepalanya membentur trotoar, dan menderita serangan jantung.

Tetapi operator e-skuter berpendapat bahwa kendaraan tersebut merupakan bagian kecil dari keseluruhan kecelakaan lalu lintas di kota. Walikota Paris Anne Hidalgo menyerukan referendum, di mana para pemilih dapat mengatakan apakah mereka mendukung atau menentang e-skuter mengambang bebas. Kendaraan milik pribadi tidak termasuk dalam pemungutan suara.

Baca juga: Mercedes-Benz Luncurkan Skuter Listrik dengan Bandrol Rp19,8 Juta

Sementara itu, skuter yang dibuang juga menjadi masalah yang signifikan di Paris, dengan banyak ditemukan di taman dan alun-alun kota. Larangan memarkir skuter tanpa dok di trotoar sebagian besar tidak diindahkan meskipun ada ancaman denda €35.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru