Saturday, October 26, 2024
HomeDomestikMau Jadi Awak Kabin Maskapai Penerbangan? Perhatikan Tips Ini Agar Lolos Seleksi!

Mau Jadi Awak Kabin Maskapai Penerbangan? Perhatikan Tips Ini Agar Lolos Seleksi!

Untuk bisa menjadi awak kabin dari sebuah maskapai penerbangan, tak jarang para pelamar harus melalui seleksi dan penilaian yang terbilang ketat, maklum kemampuan awak kabin tak semata menyandarkan kemampuan melayani, melainkan juga para aspek lain seperti keselamatan dan keamanan. Dan momen penilaian awak kabin bisa jadi menengangkan dan hasilnya tidak dapat diprediksi.

Baca juga: Inilah Syarat Untuk Menjadi Awak Kabin Garuda Indonesia

Anda tidak bisa memprediksi bagaimana perekrut akan melihat Anda. Anda juga tidak pernah tahu berapa banyak pesaing yang ada dan apakah Anda akan mendapat kesempatan ke tahap berikutnya. Dikutip dari Simple Flying, berikut adalah tips untuk meningkatkan rasa percaya diri pada tahap seleksi menjadi awak kabin.

1
Kesabaran
Selama proses aplikasi, Anda harus bersabar, karena bisa jadi itu akan memakan waktu dan banyak energi.

2
Terus melamar
Terus melamar sebanyak mungkin maskapai penerbangan dan jangan pernah membatasi diri Anda hanya pada satu atau dua maskapai. Hanya memilih maskapai penerbangan favorit Anda dan berharap Anda lulus hari penilaian sepertinya jarang berhasil.

3
Temukan yang cocok
Tidak semua maskapai cocok untuk setiap orang dan penting untuk menemukan yang cocok untuk Anda. Bekerja untuk maskapai penerbangan bertarif rendah sangat cocok untuk sebagian orang dan tidak untuk yang lain. Bekerja pada penerbangan jarak jauh keluar dari negara lain akan menjadi impian banyak orang, tetapi tidak cocok untuk orang lain. Satu maskapai tertentu mungkin tidak cocok untuk Anda pada tahap ini, tetapi maskapai lain akan cocok.

4
Melamar ulang
Rekrutmen maskapai sangat ketat karena jika Anda tidak lulus tahap pertama aplikasi dan hari penilaian, Anda tidak dapat mengajukan permohonan kembali untuk jangka waktu yang ditentukan. Ini karena banyaknya orang yang mendaftar. Sebagian besar maskapai mengatakan Anda dapat melamar setelah enam bulan, sedangkan beberapa mengatakan tiga bulan.

Pastikan Anda mengajukan permohonan kembali ke maskapai saat waktu tunggu selesai. Dengan melamar kembali, Anda menunjukkan bahwa Anda berkomitmen untuk mendapatkan pekerjaan dan menunjukkan ketertarikan Anda pada maskapai tersebut.

5
Gunakan pengalaman
Gagal pada hari penilaian dapat membuat Anda tertekan dan merasa bahwa semua upaya itu tidak sepadan. Gunakan pengalaman untuk keuntungan Anda. Anda akan memperoleh lebih banyak pengalaman dan meningkatkan potensi Anda dan memiliki lebih banyak untuk diberikan kepada maskapai di putaran berikutnya.

6
Presentasi
Pastikan presentasi dan penampilan pribadi Anda rapi pada hari itu. Teliti seperti apa penampilan awak kabin maskapai dan coba sempurnakan standar perawatan maskapai. Kesan pertama sangat penting.

7
Kumpulkan keterampilan
Bertekad dan berulang kali melamar dan mengikuti hari penilaian akan memberi Anda lebih banyak keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi awak kabin. Anda akan menjadi lebih baik dalam kerja tim dan komunikasi serta lebih tangguh dan percaya diri.

8
Peningkatan pribadi
Kandidat dapat meningkatkan pengalaman kerja dan keterampilan untuk mendorong aplikasi pelamaran berikutnya. Misalnya, mendapatkan pengalaman kerja di bandara atau belajar bahasa baru. Mengambil kursus pariwisata atau awak kabin mungkin membantu beberapa orang merasa lebih percaya diri.

Baca juga: Kerap Dijadikan Objek Pelecehan Seksual, Perlukah Pihak Maskapai Tambah ‘Kurikulum’ Bela Diri Terhadap Awak Kabin?

9
Kepercayaan diri
Percayalah pada diri sendiri dan ingatlah bahwa ini adalah kurva pembelajaran, dan itu akan memakan waktu. Jangan berkecil hati dengan hari-hari penilaian sebelumnya.

10
Jangan menyerah
Terkadang Anda hanya perlu menemukan maskapai yang tepat untuk Anda. Ini membutuhkan waktu. Apakah itu membutuhkan dua atau sepuluh hari penilaian, maka kandidat yang gigih akan sampai di sana.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru