Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa AngkutanInilah Bedanya Parameter Kecepatan di Pesawat, Penuh Perhitungan dan Rumit

Inilah Bedanya Parameter Kecepatan di Pesawat, Penuh Perhitungan dan Rumit

Tahukah Anda, bahwa tidak seperti kendaraan darat, kendaraan udara menggunakan kecepatan relatif terhadap udara, yang disebut kecepatan udara. Seperti kecepatan pesawat pada dasarnya menentukan jarak yang ditempuh dalam waktu tertentu.
Namun, tidak seperti kendaraan darat, perhitungan berbagai kecepatan pada moda udara sedikit lebih rumit. Seperti kecepatan pesawat, sering diukur dalam knot, yakni ukuran kecepatan udara yang mengalir di sekitar pesawat, oleh karena itu disebut kecepatan udara. Dari laman Simple Flying, berikut beberapa parameter kecepatan pada pesawat.
Indicated airspeed (IAS)
Kecepatan udara yang ditunjukkan diukur melalui indikator kecepatan udara di kokpit. Indikator kecepatan udara diumpankan oleh tabung pitot yang terletak tepat di belakang kerucut hidung. Indikator kecepatan udara mengukur perbedaan antara tekanan statis dari port statis dan tekanan ram dari tabung pitot.
IAS biasanya digunakan untuk kecepatan rendah dan ketinggian rendah. Misalnya, IAS dapat direferensikan untuk ketinggian di bawah 10.000 kaki (3.000 meter) dan 250 knot (460 km per jam).
IAS adalah representasi yang baik dari tekanan dinamis udara, yang digunakan untuk menghitung gaya angkat yang harus dihasilkan sayap pada kecepatan tertentu. IAS diukur dalam knot dan disingkat KIAS.
True airspeed (TAS)
True airspeed adalah kecepatan pesawat relatif terhadap udara yang dilaluinya. Saat ketinggian meningkat, tekanan udara menurun, dan TAS menjadi lebih signifikan daripada IAS. Ini karena lebih sedikit molekul udara yang masuk ke tabung pitot.
Pada ketinggian jelajah tipikal 30.000 kaki (9.000 meter), TAS kira-kira 30 persen lebih besar dari yang ditampilkan indikator kecepatan udara kokpit. TAS diukur dalam knot dan disingkat KTAS. Patut dicatat bahwa pesawat modern mungkin dilengkapi dengan Machmeter, yang menunjukkan rasio TAS terhadap kecepatan suara (angka Mach).
Groundspeed (GS)
Kecepatan pesawat relatif terhadap tanah disebut groundspeed. Ini adalah TAS dengan faktor koreksi angin. Pada hari yang tenang, GS mungkin sama dengan TAS. Namun jika angin berhembus searah dengan pergerakan pesawat maka GS akan lebih besar dari TAS.
Sementara GS dihitung lebih besar dari kecepatan suara (1.235 km per jam) pada kesempatan itu, itu sama sekali bukan penerbangan supersonik.
Calibrated airspeed (CAS)
Kecepatan udara yang dikalibrasi serupa dengan IAS, dengan koreksi untuk kesalahan instrumen pemosisian. Umumnya, selama pendakian awal (pada ketinggian rendah), pengaturan angle of attack dan flap yang lebih tinggi dapat menyebabkan indikator kecepatan udara menunjukkan sedikit kesalahan dalam pembacaan. Kesalahan ini bisa dalam urutan beberapa knot. CAS diukur dalam knot dan disingkat KCAS.
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru