Saturday, October 26, 2024
HomeDaratMerasakan Suasana Baru Jalur Bogor – Cicurug Setelah 2 Tahun Tidak Beroperasi

Merasakan Suasana Baru Jalur Bogor – Cicurug Setelah 2 Tahun Tidak Beroperasi

Bertepatan awal Ramadhan 2022, akhirnya jalur Bogor – Sukabumi dijalankan secara uji coba menggunakan rangkaian kereta api lengkap dengan penumpang yang mencobanya. Ya, Minggu 3 April 2022 kemarin Stasiun Bogor Paledang (BOP) dipadati penumpang kereta api yang merupakan tamu undangan spesial bisa merasakan uji coba perdana naik kereta api di jalur Bogor – Sukabumi.

Baca juga: Mampir ke Stasiun Bogor, Cobain Internet yang Super Cepat

Meski diguyur hujan lebat namun tak menyurutkan semangat para tamu undangan yang dihadiri oleh rombongan dari PT KAI, Ditjen Kereta Api, Komunitas Kereta Api dan warga sekitar. Antusias mulai terasa saat tamu penting turut hadir dalam mencoba Kereta Luar Biasa (KLB ) yang akan mengantarkan dari Bogor ke Cicurug. Mereka adalah Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Walikota Bogor, Bima Arya yang ternyata juga turut merasakan rangkaian kereta api uji coba yang telah disiapkan.

Saat masuk ke rangkaian eksekutif KLB Uji Coba, Budi Karya dan Bima Arya menyapa penumpang yang turut serta ikut dalam rombongan. Penumpang pun antusias dan berterima kasih karena jalur Bogor – Sukabumi sudah mulai diaktifkan kembali, karena menurut mereka sudah sekitar 2 tahun menunggu kehadiran kembali kereta api yang melintasi jalur ini. Tak lama berselang pukul 14.07 KLB Uji Coba diberangkatkan dari Stasiun Bogor Paledang.

Selama diperjalanan kedua pejabat pemerintah pun turut bangga dengan hasil proyek yang hampir sepenuhnya rampung, meski ada beberapa yang harus di evaluasi. KLB Uji Coba sudah bisa berjalan dengan kecepatan 40 – 50 km/jam, sebelumnya kereta yang melintasi jalur ini hanya bisa berkecepatan 30 – 35 km/jam saja.

Jalur ganda yang sudah tertata rapi terlihat saat perjalanan dari Stasiun Bogor Paledang hingga Stasiun Maseng (MSG). Namun saat sebelum memasuki stasiun Cigombong jembatan yang berada di sekitarnya masih belum rampung, mengingat medan dan lingkungannya cukup berat ditambah dengan curah hujan yang cukup tinggi di wilayah tersebut.

Pukul 14.55 KLB Uji Coba tiba di Stasiun Cicurug (CCR), dimana rombongan pun turun untuk meninjau sekaligus meresmikan jalur ganda dari Bogor Paledang hingga Cicurug. Selain melayani angkutan penumpang, Stasiun Cicurug juga melayani angkutan barang. Salah satunya angkutan air mineral. Sebelum dibangunnya jalur ganda stasiun ini sudah sering kali melayank angkutan gerbong yang berisi air mineral dari Stasiun Cicurug – Stasiun Jakarta Gudang (JAKG). Namun karena medan yang dilalui cukup terjal dan beberapa kali terjadi longsor di petak Maseng – Batu Tulis (BTT), pihak air mineral menunda angkutan melalui kereta api.

Baca juga: Waspadai Titik Rawan Longsor Jalur Kereta Api Lintas Bogor – Sukabumi

Dengan dilakukannya uji coba rangkaian KLB dari Bogor $ Sukabumi pp. Minat warga akan transportasi kereta api semakin antusias. Mengingat jalur bersejarah ini merupakan jalur pertama yang dibangun untuk lintas Jakarta – Bandung sejak tahun 1880-an. Dan berharap bagi warga yang berada di sepanjang jalur Bogor – Sukabumi untuk selalu menjaga aset perkeretaapian. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru