Saturday, October 26, 2024
HomeDaratMembludak! Akhir Pekan, Masyarakat Serbu Stasiun Garut Untuk Naik Kereta Api

Membludak! Akhir Pekan, Masyarakat Serbu Stasiun Garut Untuk Naik Kereta Api

Dua hari pasca peresmian Stasiun Garut, Kereta Api Cikuray dan Kereta Api Lokal Garut Cibatuan antusias penumpang terjadi saaf libur akhir pekan. Pantauan kabarpenumpang.com, Minggu 27 Maret 2022 saat berkunjung ke Stasiun Garut dan mencoba naik Kereta Api Lokal Garut Cibatuan dengan jadwal siang, warga Garut terlihat membludak. Mayoritas penumpang yang menggunakan kereta api dari Stasiun Garut hanya ini menikmati perjalanan yang sudah lama mereka tunggu – tunggu. Meski hanya turun jarak dekat yaitu hingga Stasiun Cibatu.

Baca juga: Ramainya Warga Garut Saat Nyobain KLB Uji Coba Garut – Cibatu, Begini Suasananya

Dengan tarif hanya Rp10.000 untuk rute Garut – Purwakarta pp., Garut – Padalarang pp. tarif Rp8.000, dan Garut – Cibatu pp. Tarif Rp6.000 penumpang bisa menjelajah ke stasiun – stasiun yang disinggahi kereta lokal ini. Saat di stasiun, penumpukan terjadi di pintu masuk. Meski kereta api sudah tersedia di jalur 1 Stasiun Garut, namun sterilisasi harus dilakukan oleh pihak stasiun guna mencegah ketidakaturan penumpang.

Saat pintu masuk dibuka, calon penumpang mulai memasuki peron stasiun. Meski sedikit tertib, namun aksi saling dorong pun masih saja terjadi. KA Lokal Garut Cibatuan berangkat pada pukul 10.55, sedangkan pintu masuk dibuka pada pukul 10.40. Petugas keamanan membantu jalani antrian penumpang agar tetap tertib. Namun beberapa penumpang sempat tak mengindahkan arahan dari petugas. Alasannya khawatir tidak kebagian tempat dan tertinggal kereta api.

Saat diperjalanan kereta berhenti di Stasiun Wanaraja dan Pasir Jengkol hingga Cibatu penumpang tetap terlihat ramai. Sesampainya di Stasiun Cibatu benar saja penumpang yang berada peron pun berbondong – bondong naik rangkaian kereta lokal ini. Sebagian besar dari mereka menuju ke Kota Bandung, dan turun di Stasiun Bandung.

Sebenarnya masih ada kereta api lainnya selain KA lokal ini, yaitu Kereta Api Cikuray. Memang tarifnya sedikit lebih besar dibanding KA Lokal Garut Cibatuan, yaitu sebesar Rp45 ribu rute Garut – Pasar Senen. Namun penumpang bisa mencoba KA Cikuray ini dengan tarif jauh lebih murah, yaitu hanya Rp15 ribu rute Garut – Padalarang. Tarif murah ini penumpang diharuskan membeli secara langsung (Go Show) di loket stasiun.

Baca juga: Joyride Perdana KA Cikuray, Penumpang Masih Lengang

Dengan diadakannya KA Cikuray dan KA Lokal Garut Cibatuan, masyarakat bisa merasakan perjalanan baru dan destinasi wisata lebih mudah di Kota Garut hanya dengan naik kereta api. Agar tak kehabisan tiket, masyarakat bisa memesan tiket melalui website PT Kereta Api Indonesia (KAI) atau melalui aplikasi KAI Access. (PRAS – Cinta Kereta Api)























RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru