Saturday, October 26, 2024
HomeHot NewsSudah 99 Persen, Jalur Ganda Bogor – Sukabumi Siap Diuji Coba

Sudah 99 Persen, Jalur Ganda Bogor – Sukabumi Siap Diuji Coba

Jalur ganda dari Bogor Paledang sampai dengan Cicurug kini sudah mendekati tahap penyelesaian. Sepanjang 26 kilometer jalur ganda tersebut terlihat rapi dan peluang untuk diuji coba semakin dekat. Terlihat dari Stasiub Bogor Paledang yang jalurnya sudah tersambung dengan Stasiun Bogor. Pemasangan sinyal yang semula mekanik menjadi elektrik oleh PT LEN pun sudah terpasang, tinggal pengaktifkan lampu. Begitu pula beberapa perlintasan resmi yang dibangun lengkap dengan palang pintu yang masih bagus.

Baca juga: KRD Bumi Geulis – Kenangan Rute Bogor-Sukabumi yang Kini Jadi Rail Clinic

Ssbelum jalur ganda Bogor – Sukabumi yang segera difungsikan terdapat kereta mekanik yang bekerja memecok batu balas sekaligus merapikan rel di jalur tersebut. Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) wilayah Jawa bagian Barat sudah menyiapkan jadwal uji coba yang rencananya akan dilakukan pada 20 Maret mendatang. Beberapa stasiun pun tahap on progress disepanjang jalur ganda.

Menurut BTP bahwa pengoperasian secara resmi rencana akan dilakukan pada 28 Maret 2022. Meski sudah dilakukan pengerjaan jalur ganda, namun yang akan digunakan hanya satu jalur. Satu jalur tersebut sudah hampir tahap finishing yaitu 99 persen. Saat ini jalur Cigombong sampai dengan Cicurug sepanjang 7,5 kilometer dan Bogor Paledang sampai dengan Cigombong sepanjang 19,1 sudah rampung dikerjakan. Secara teknis pengerjaan ini sudah mencapai 100 persen.

Walaupun secara teknis pengerjaan sudah 100 persen, namun pihak BTP tetap terus mengkaji dan pengecekan secara maksimal demi keselamatan kedepannya. Evaluasi pun akan dilakukan selama sepekan setelah uji coba yang rencannya menggunakan rangkaian kereta.

Baca juga: Bantu Pembangunan Double Track Bogor – Cicurug, Kereta Mekanik Dioperasikan

Setelah dilakukan uji coba, pengoperasian rangkaian kereta menggunakan KA Pangrango akan dilakukan secara reguler pada April 2022. Kedepannya setelah selesai proyek jalur ganda Bogor Paledang – Cicurug dioperasikan, tahun 2023 akan kembali melanjutkan jalur ganda tersebut hingga Stasiun Sukabumi. (PRAS – Cinta Kereta Api)
























RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru