Stasiun Gorakhpur, Punya Peron Terpanjang di Dunia

Sumber: indiarailinfo.com

Walaupun layanan transportasi umum di India cenderung serba padat dan sesak, namun perkeretaapian di negara berpenduduk 1,4  miliar ini selalu memiliki sesuatu yang menarik untuk diulas. Sebut saja Stasiun Gorakhpur yang terletak di kota Gorakhpur di negara bagian India, Uttar Pradesh. Keunikkan dari stasiun ini bukan berasal dari kapasitas stasiun yang melebihi rata-rata, atau desain stasiun yang mewah, tapi dari ukuran peron yang sangat fantastis. Seberapa panjang sih peron di Stasiun Gorakhpur?

Baca Juga: Kereta Ekonomi India Sekarang, Gambaran Kereta Ekonomi Indonesia Era 80-an

Menurut data yang berhasil dikumpulkan oleh KabarPenumpang.com dari berbagai sumber, stasiun yang namanya diambil dari seorang pertapa yang mengenalkan teknik yoga, Guru Gorakshnath ini memiliki panjang peron 1.36 kilometer. Atas keunikannya ini, pada 6 Oktober 2013, Stasiun Gorakhpur menyabet gelar sebagai stasiun dengan peron terpanjang di dunia, dan langsung diajukan ke Guiness Book of Records untuk diverifikasi tingkat dunia.

“Saya mengucapkan selamat kepada masyarakat Gorakhpur. Selamat atas pencapaian sebagai kota dengan peron terpanjang sedunia, “tutur KK Atal, staff Senior Direksi Perkeretaapian India, dikutip dari laman kereta-api.info. Stasiun yang juga berfungsi sebagai markas dari North Eastern Railway ini pertama kali beropeasi pada tahun 1890. Namun, ya, seperti yang sudah dijabarkan di atas, eksistensi perkeretaapian di India memang belum semaju di Indonesia, jadi jangan heran jika pemandangan yang Anda lihat selama perjalanan menuju Stasiun Gorakhpur ini hanyalah lahan tandus yang mulai dipadati oleh perumahan warga, hampir tidak ada bedanya dengan di dalam negeri.

Sudah barang tentu, predikat stasiun dengan peron terpanjang di dunia ini menjadi prestise tersendiri bagi warga India. Sampai-sampai, di salah satu atap peron tergantung papan tulisan yang bertuliskan, “Welcome to World’s Longest Platform (1366,33 metres)”. Ini merupakan sebuah simbol yang melambangkan betapa bangganya warga India memiliki stasiun dengan peron terpanjang di dunia.

Sumber: youtube.com

Ada hal unik lain seputar stasiun yang memiliki 26 jalur kereta ini. Sebelum Stasiun Gorakhpur dikalungi gelar sebagai stasiun dengan peron terpanjang di dunia, Stasiun Kharagpur di kota Bangalore sebelah Barat, India merupakan mantan penyandang gelar yang sama, yaitu dengan panjang peron 1072 meter. Unik ya!

Baca Juga: Sering Naik Kereta? Kini Saatnya Anda Mengenal Jenis dan Karakter Peron di Stasiun

Sebagai informasi tambahan, Stasiun Gorakhpur ini menjadi titik keberangkatan beberapa kereta di India, diantaranya Barauni–Gorakhpur line, Muzaffarpur- Gorakhpur line (via Hajipur, Raxaul dan Sitamarhi), Muzaffarpur-Gorakhpur main line, dan Gorakhpur-Lucknow Kanpur Delhi main line. Jadi, jika Anda berkesempatan mengunjungi Negeri Bollywood, pastikan diri Anda mampir ke Stasiun Gorakhpur, dan rasakan sensasi menyusuri peron terpanjang di dunia yang disuguhkan oleh stasiun yang meng-handle lebih dari 189 kereta setiap harinya ini!