Setiap Pintu Toilet di Kabin Pesawat Ternyata Punya “Kunci Rahasia”

Kunci rahasia di balik tulisan toilet (The Sun)

Banyak hal tersembunyi di pesawat yamg mungkin tidak diketahui orang awam, sehingga ada baiknya sebagai penumpang pesawat gunakanlah tempat-tempat di dalam pesawat dengan bijak. Sebab, salah-salah bukannya Anda mendapat privasi malahan bisa mendapat malu. Salah satu yang harus digunakan dengan bijak adalah toilet di kabin sebagai  tempat privasi untuk membuang hajat atau sekedar membasuh muka di wastafel.

Baca juga: Toilet di Pesawat, Fungsi Sama Aturan Sedikit Beda

KabarPenumpang menlasir dari thesun.co.uk (1/8/2017), setiap orang di dalam pesawat berhak memiliki privasi dan merasakan kenyaman, namun apa jadinya bila sesuatu yang tadinya dianggap privasi, namun malah sebaliknya. Sebagai contoh adalah pintu pada toilet, bila Anda anggap bahwa pintu hanya bisa dibuka dan dikunci dari dalam, itu ternyata salah.  Pintu model lipat pada toilet kabin dapat dibuka dari luar. Lantas dimanakan panel pembuka pintu dari luar berada? Panel pembuka pintu toilet ternyata justru ada dibalik tulisan toilet atau lavatory, bila dibuka akan kait rahasia yang bisa membuka pintu toilet dari luar.

Pintu toilet pesawat (The Sun)

Mungkin bagi Anda penumpang awam di pesawat tidak akan mengetahui bahwa di balik tulisan toilet ada kait, tetapi para awak kabin pastinya sangat jelas mengetahui tentang seluk beluk pesawat termasuk kunci darurat otomatis toilet. Itu semua tentu ada maksudnya, terlebih bila terjadi kondisi darurat, maka awak kabin harus dapat membuka pintu toilet dari luar. Sebagai contoh, bila ada penumpang yang tiba-tiba mengalami serangan jantung, maka awak kabin harus mendapat akses untuk masuk ke bilik toilet.

Baca juga: Waspada! Inilah Lokasi Favorit Bakteri di Dalam Kabin Pesawat

Diantara kasus lain yang kerap terjadi adalah anak kecil yang tak  sengaja terkunci di dalam toilet. Bahkan dalam sedikit kasus, ada pasangan yang mencoba mesum di bilik toilet, maka dengan adanya tools khusus dari luar, jangan sangka pintu toilet tidak dapat dibuka oleh awak kabin.

Baca juga: Penumpang Wanita Ditemukan Tewas, Dibawa Keluar Pesawat dengan Diseret

Konfigurasi bilik toilet di Airbus A320

Bilik Toilet Terkoneksi di Airbus A320
Kebanyakan bilik toilet di kabin dirancang dengan ukuran pas-pasan, namun ada yang berbeda dari bilik toilet di pesawat Airbus A320/A321, pasalnya pada bagian belakang ada dua bilik toilet yang saling berjajar dan dapat dibuka sekat diantara keduanya. Seorang pramugari asal Swiss mengungkapkan dua bilik toilet yang terkoneksi tersebut pernah digunakan untuk tujuan mesum oleh pasangan penumpang yang nakal. Tentu saja Airbus mendesain toilet tersebut untuk maksud baik, yakni guna memudahkan akses ke toilet bagi penumpang difabel.