Sebelum Lebaran, Aplikasi Angkasa Pura Airports Siap Meluncur

KabarPenumpang.com

Selain getol mengimplementasikan konsep airport mall, pengelola bandara juga giat menghadirkan jalur informasi terintegrasi untuk memudahkan penumpang. Salah satu wujudnya adalah penyediaan aplikasi mobile yang dapat diunduh dari smartphone. Dan tak ingin ketinggalan dari PT Angkasa Pura II (AP II), BUMN PT Angkasa Pura I (Angkasa Pura Airports) juga telah membuat aplikasi untuk memudahkan pelanggan guna mengetahui jadwal keberangkatan dan segala macam informasi yang terkait di dalamnya.

Namun, untuk nama AP I memilih menggunakan Angkasa Pura Airports, sedangkan AP II menggunakan label Indonesian Airports untuk aplikasinya. Aplikasi ini baru tersedia di basis OS Android dan masih dalam bentuk beta.

Baca juga: Merespon Kebutuhan Penumpang, Angkasa Pura II Terapkan “Airport Go Digital”

KabarPenumpang.com

Walaupun masih dalam bentuk beta, aplikasi Angkasa Pura Airports sudah menyajikan jadwal penerbangan yang jelas untuk semua maskapai di 13 bandara yang dikelola AP I. Sayangnya fitur-fitur lain seperti layanan updare berita baru hingga notifikasi belum bisa berjalan dengan baik, dan sebagian masih dalam status coming soon.

Pada beranda aplikasi atau home page milik AP I, aplikasi akan menampilkan lingkaran putih dan bertuliskan Angkasa Pura Airports, tetapi setelah disentuh akan muncul menu-menu seperti info penerbangan, shop & dine, info airport, transportasi, info hotel, airport parking dan info wisata. Hal ini yang membuat aplikasi milik AP I lebih istimewa dibandingkan milik AP II. Dari menu ini beberapa ada yang berbeda dengan milik AP II, tampilan sederhana benar-benar terkait dengan elemen yang ada di bandara.

Ada keunikan tersendiri dengan aplikasi ini, AP I memberikan tampilan latar belakang yang berbeda setiap memilih menu bandara tujuan. Sedangkan AP II penggantian bandara latar belakang akan tetap sama seperti tampilan di beranda.

Baca juga: PT Angkasa Pura II Mudahkan Parkir Inap dengan Aplikasi “Parkir Inap Angkasa Pura II”

KabarPenumpang.com

Tak hanya itu, perbedaaan terbesar adalah, AP I hanya masuk dan meminta lokasi pelanggan tanpa harus mengisi data pribadi untuk masuk aplikasi. Kalaupun ada, hanya untuk memberikan kritik atau saran saja. Sedangkan Indonesian Airports akan meminta data pribadi. Data ini digunakan untuk memudahkan penumpang mencari jadwal keberangkatannya apakah tepat waktu atau mengalami delay.

Baca Juga : Airport Digital Cinema, Teknologi Baru Angkasa Pura II

Walaupun baru berstatus beta, bagi pelanggan AP I, aplikasi ini dirasa cukup bersahabat untuk digunakan. Sebab, setiap pengguna bisa melihat jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat. Selain itu, bisa juga untuk mencari informasi harga parkir di setiap bandara milik AP I. Bagi pengguna yang akan menuju daerah tengah atau timur Indonesia bisa melihat tujuan wisata, dengan adanya ini, pengguna aplikasi AP I bisa memudahkan Anda mencari informasi dengan jelas tempat tujuan.

KabarPenumpang.com

Corporate Secretary Angkasa Pura I Israwadi hari ini mengatakan, aplikasi ini barulah berbentuk beta dan masih dalam pengembangan, pembaharuan terus dilakukan agar aplikasi lebih sempurna. “Aplikasi ini sudah berisi informasi per bandara, dan rencananya akan launching secara resmi sebelum momen Lebaran tahun ini,” ujar Israwadi saaat ditemui KabarPenumpang.com, Jumat (12/5/2017).