Samsung Electronics Luncurkan LTE Railway Perdana di Korea Selatan

RCR Wireless News

Perkembangan teknologi saat ini tidak bisa dipungkiri lagi, sebab sudah merambah kesemua lini salah satunya dunia transportasi internasional. Dilansir dari railway-technology.com (21/4/2017), Korea Selatan telah resmi menghadirkan jaringan LTE (Long Term Evolution)-Railway atau LTE-R. Diketahui jaringan LTE-R ini menggunakan solusi dari Samsung Electronics yang sudah bermitra dengan SK Telcom dan Busan Transportation (BTS) dalam penerapan sistem manajemen perkeretaapian.

Adanya solusi ini untuk menggantikan teknologi nirkabel analog dengan LTE-R dan digunakan pada jalur Busan dengan panjang 41 km yang mencakup 40 stasiun. Sistem komunikasi terbaru ini telah diuji sejak Februari lalu dengan tes interoperabilitas pada peralatan di metro dan perangkat mobile LTE-R yang dipasang pada kereta api tepatnya di Busan Metro Line 1 antara Sinpyeong dan Nopo.

www.railway-technology.com
www.railway-technology.com

Sebenarnya, dengan teknologi LTE-R berbasis 4G dikembangkan sebagai solusi komunikasi mission-critical modern untuk operasi dan pemeliharaan kereta api dengan layanan multimedia yang stabil. Adanya ini, memungkinkan operator kereta bisa mengirimkan video stasiun secara real time ke pusat kendali jika terjadi kecelakaan di kereta. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan komunikasi kelompok ataupun individu secara real time dengan teknisi kereta dan pusat kontrol.

Teknologi LTE-R memiliki tingkat interval waktu yang rendah yakni 10 ms dengan dukungan Qos, selain itu, juga dapat diterapkan untuk komunikasi mission-critical yang sangat membutuhkan kecepatan, konsistensi dan keamanan tinggi. Kemampuan teknis dari LTE yang punya latency rendah (dibawah 10 ms) dipandang sangat ideal untuk mendukung aplikasi yang sensitif pada waktu, dan artimya kualitas yang dapat dinikmati penumpang dan sistem kereta api menjadi optimal. Komposisi yang mendukung  LTE Ground to Train for Railways terdiri dari Evolved Packet Core (EPC), akses radio UMTS Terrestrial Radio Access Network (E-UTRAN). E-UTRAN di install pada perangkat radio eNodeB (BTS 4G).

“Keandalan dan stabilitas sangat penting karena mereka terkait langsung dengan keamanan publik. Peluncuran solusi Samsung LTE-R hari ini dengan BTS dan SK Telecom merupakan tonggak sejarah besar bagi industri ini. Sebagai penyedia solusi LTE-R terkemuka, kami memungkinkan komunikasi yang cepat dan andal pada kereta berkecepatan tinggi yang mampu melaju setinggi 300 km per jam, yang diharapkan dimulai awal tahun depan,” ujar Senior VP and Head of Domestic Business Marketing in Networks Business at Samsung Jinsoo Jeong yang dikutip dari techblog.comsoc.org.

Dengan adanya sistem solusi terbaru ini, pemerintah Korea Selatan berencana memperluas area yang tercakup dalam proyek LTE-R sekitar 5600 km pada tahun 2025 mendatang. Hadirnya LTE-R sendiri merupakan buah dari transformasi teknologi sebelumya, yakni GSM-R yang diperkenalkan 12 tahun silam oleh vendor jaringan asal Jerman yang telah bubar, Siemens Network.