Sambut Olimpiade Musim Dingin, LG Hadirkan Dua Robot Canggih di Bandara Incheon

Sebagai salah satu langkah nyata untuk mempersiapkan Olimpiade Musim Dingin yang akan digelar di Korea Selatan tahun depan, raksasa elektronik asal Negeri Ginseng, LG Electronics, telah menguji coba robot baru di Bandara Internasional Incheon beberapa waktu yang lalu. Diketahui, bandara terbesar di Seoul, Korea Selatan tersebut akan menjadi rumah bagi dua robot prototipe terbaru milik LG, yaitu Robot Pemandu dan Robot Pembersih Bandara.

Baca Juga: Ini Dia Troika! Robot Canggih di Bandara Incheon, Korea Selatan

Seperti yang dihimpun KabarPenumpang.com dari laman theverge.com (21/7/2017), Robot Panduan Bandara ini pertama kali diperkenalkan secara luas pada ajang Costumer Electronics Show (CES) yang digelar di Las Vegas, awal tahun 2017 kemarin. Sesuai dengan namanya, robot ini akan menjalankan tugasnya masing-masing. Robot Panduan Bandara akan berkeliling mengitari bandara, selalu siaga memberikan petunjuk dan informasi kepada para wisatawan dan calon penumpang mengenai  jadwal keberangkatan.

Robot Panduan Bandara sendiri bisa berbicara menggunakan empat bahasa, Inggris, Korea, Cina, dan Jepang, dan hebatnya lagi, robot ini bisa memindai boarding pass para wisatawan dan mengantarkan mereka menuju pintu keberangkatan. Berbeda dengan robot biasa, semua pergerakan robot ini diatur oleh sebuah sistem mutakhir yang dapat meningkatkan pelayanan bandara terhadap para calon penumpang. Mereka akan berjalan dengan kecepatan yang stabil dan berhenti jika Anda tertinggal, jadi robot ini sudah di program agar bisa membantu Anda tidak ketinggalan pesawat.

Sementara itu, Robot Pembersih Bandara pada dasarnya adalah Roomba (robot pembersih terpintar dan terbaik dari iRobot) yang dilengkapi dengan tangki sehingga terlihat seperti boneka salju tanpa lengan. “Robot ini sendiri akan mendeteksi area mana saja yang butuh sering dibersihkan, menyimpannya ke database, dan mempertimbangkan rute mana yang paling efisien untuk tiba di lokasi tersebut,” tutur salah satu pihak LG. “Pastikan tidak ada yang membalik sakelar di belakang kepala robot itu, dari ‘Bersihkan’ jadi ‘Bunuh’,” kelakarnya.

Robot Pembersih Bandara. Sumber: theverge.com

Baca Juga: Ketika Dunia Transportasi “Teracuni” Perkembangan Jaman

Dalam siaran pers yang diterbitkan oleh pihak LG, perusahaan multinasional ini mengatakan bahwa pengadaan robot ini merupakan ambisi perusahaan untuk terus mengembangkan dan menyempurnakan salah satu peluang bisnis ini. “Bisnis robot komersil ini  merupakan gambaran pertumbuhan dunia elektronika di masa yang akan datang,” tulisnya dalam siaran pers tersebut. Pihak LG sendiri mengatakan, penggunaan robot untuk membantu manusia, khususnya di pra-sarana transportasi akan menjadi populer di depannya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa konsep robotika yang selama ini muncul ke permukaan lebih banyak mengambil peranan sebagai pembantu pertunjukan saja, tidak seperti yang LG lakukan. Lebih lanjut, LG mengatakan bahwa robot ini akan tetap aman selama ia terhindar dari segala sesuatu yang mampu menimbulkan konslet, seperti terjatuh dari tangga atau terkena cipratan air mancur. “Kami tidak ingin insiden robot keamanan di DC terulang kembali, dimana robot keamanan tersebut tercebur ke kolam air mancur.” Tutupnya.