Ramaikan Jalanan di Las Vegas, Operator Mobil Otonom Ini Optimis ‘Sedot’ Banyak Penumpang

Sumber: reviewjournal.com

Sebentar lagi, kota Casino Las Vegas akan mengoperasikan salah satu moda futuristiknya yang sudah dinanti-nanti. Ini ditandai dengan diuji cobanya kendaraan otonom yang mampu berkomunikasi dengan sinyal lalu lintas, berbagi jalan dengan kendaraan lain, dan mampu memberi ruang bagi para pejalan kaki. Ini merupakan suatu terobosan yang mutakhir, mengingat sudah padatnya kondisi jalanan belakangan ini.

Baca Juga: Catalyst E2, Bus Otonom Mampu Berjalan 966 Km Dalam Sekali Charge

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai sumber, kendaraan 11 penumpang yang berbentuk seperti telur ini akan mulai menghantam jalanan pada tahun depan secara cuma-cuma. Nantinya kendaraan otonom ini beroperasi di sekitaran Fremont East, dimana daerah tersebut pada tahun lalu dijuluki sebagai bagian dari distrik inovasi kota.

“Orang-orang menggambarkan mobil sebagai simbol kebebasan dan memiliki banyak keuntungan, tapi sungguh menakjubkan melihat berapa banyak mobilitas yang dipengaruhi olehnya,” tutur John Moreno, public affairs manager dari AAA Nevada. “Kami sadar bahwa masyarakat kebanyakan skeptis dengan teknologi baru yang siap ‘menjajahnya’, tapi diharapkan ini akan memberikan kebahagiaan dan semakin membulatkan tekad mereka untuk menghadapi era modern,” imbuhnya.

Sekedar mengingatkan bahwa pada bulan Januari silam, sebuah kendaraan otonom asal Perancis, Navya, baru saja melakukan uji coba dengan memblokir lalu lintas. Ini berbanding terbalik dengan AAA dimana dalam uji coba tersebut kendaraan otonom ini berbaur dengan kendaraan lain. Selain menguji coba, AAA sekaligus memperkenalkan teknologi otonom ini kepada masyarakat luas.

Kendaraan ini bisa dibilang otonom secara keseluruhan, karena tidak ada bangku kemudi ataupun pedal rem, hanya ada kamera pada bagian depan dan belakang, sensor pendeteksi cahaya, GPS, dan teknologi mutakhir lainnya. Otoritas Las Vegas memasang sensor nirkabel yang memungkinkan AAA ‘berkomunikasi’ dengan traffic light, walaupun rute yang dilalui moda otonom ini terus berubah-ubah.

Nantinya, di dalam moda ini akan diawasi langsung oleh seorang petugas ahli untuk mencegah kejadian di luar dugaan. Untuk soal kecepatan, moda otonom ini bisa dibilang cukup aman dengan kecepatan maksimum hanya 25 mph atau setara dengan 40 km per jam. Ketika perjalanan selesai, penumpang akan diminta untuk menilai kinerja dari mobil tersebut dengan penilaian bintang 1 sampai 5. Penilaian tersebut tentunya akan memberikan feedback kepada operator untuk semakin meningkatkan pelayannya.

Baca Juga: Navya Arma, Bus Tanpa Awak Gambaran Transportasi Masa Depan

Pejabat AAA sendiri telah menetapkan target ambisius sebanyak 250.000 pengendara selama periode tahun depan di bawah kemitraan dengan Las Vegas, Regional Transportation Commission of Southern Nevada, dan Keolis Transportation.