Perancis Terapkan Internet of Things Untuk Kendalikan Pintu Kereta

kereta SNCF

Internet of Things (IoT), merupakan salah satu teknologi yang digunakan pada masa kini. Berbagai moda transportasi seperti bus dan kereta api dunia juga kini tengah menggunakan solusi berbasis IoT tersebut. Salah satu yang sudah menggunakan IoT adalah perusahan kereta nasional Perancis, French National Railways (SNCF).

Baca juga: Saat Kereta Terintegrasi Internet of Things

Baru-baru ini SNCF menggunakan IoT untuk memantau status pintu kereta api penumpang. KabarPenumpang.com melansir dari laman railjournal.com (18/6/2018), sistem Avise yang dikembangkan sebagai bagian dari program DigitalSNCF hadir untuk digunakan dalam memberitahu secara otomatis kepada petugas kereta jika ada pintu gerbong Corail yang tidak tertutup dengan benar ketika kereta sedang melaju di rel.

Nantinya dalam sistem ini ada dua sensor yang akan memantau status pintu dan menerangi dengan lampu di lemari vestibulum jika pintu ternyata sudah aman dan benar dari jarak jauh. Status lampu tersebut kemudian diteruskan melalui modul komunikasi ke platform IoT SNCF yang membandingkan posisi semua pintu kereta dan mengeluarkan tanda peringatakan melalui ponsel cerdas petugas kereta ketika mendeteksi anomali.

Sehingga hal ini memungkinkan pintu yang tidak aman bisa teridentifikasi dengan cepat. Rencananya SNCF akan menginstal Avise pada 350 kereta Corail yang digunakan pada layanan Intercitas.

Tak hanya sistem Avise saja, pada Februari 2018 lalu, SNCF sendiri telah menggunakan platform Watson IoT berbasis cloud untuk menghubungkan seluruh sistem kereta api, rel kereta api dan stasiun kereta api. Ini digunakan untuk mengumpulkan secara real time pada data.

Baca juga: Barcelona Terapkan Internet of Things di Transportasi Publik

Dengan platform tersebut, akan memungkinkan SNCF dalam mengelola peralatannya sehingga mampu meningkatkan kualitas, keamanan dan ketersediaan kereta api. Selain itu, agar lebih efektif dalam mengumpulkan dan menganalisis data tersebut, SNCF juga mengembangkan sensor industri khusus yang di pasang di jalur dan kereta api.

Sensor ini nantinya akan mengirimkan puluhan ribu titik data secara aman ke IBM Watson IoT Platform di IBM Cloud secara real time. Ini juga memudahkan SNCF untuk memantau hingga 200 kereta jarak jauh sekaligus saat masalah potensial seperti pintu atau AC bermasalah dalam perjalannya.