Ookla: Bandara di India Tempati Urutan Empat Asia dengan Kecepatan WiFi Terbaik

Carry On size

Ookla, penyedia aplikasi speedtest, pengukur kecepatan akses internet global, belum lama ini melakukan survei terkait kecepatan konektivitas internet di beberapa bandara tersibuk yang ada di Asia. Dilansir KabarPenumpang.com dari bgr.in (28/6/17) survei tersebut dilakukan antara bulan Maret hingga Mei 2017 di Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Jepang, India, Thailand dan beberapa negara lainnya.

Baca juga: 10 Bandara Ini Disebut Sebagai Yang Tersibuk

Dari hasil yang didapat, India tepatnya di bandara Indira Gandhi International, New Delhi berada di urutan keempat, karena memiliki kecepatan mengunduh 15,95 Mbps dan kecepatan mengunggah 14,98 Mbps. Survei ini menyoroti perbedaan antara kecepatan yang ditawarkan oleh WiFi dan jaringan seluler dan bisa dipilih salah satunya.

Untuk hasil konektivitas WiFi, Bandara Internasional Dubai berada di posisi teratas dengan kecepatan mengunduh 39,50 Mbps dan kecepatan menggunggah 48,27 Mbps. Kecepatan WiFi bandara Dubai mendapat pujian karena tercatat sebagai yang tercepat tak hanya di Asia melainkan di Eropa dan juga Afrika.

Data kecepatan konektivitas (bgr.in)

Sedangkan di urutan kedua ada bandara Incheon, Seoul, Korea Selatan karena memiliki kecepatan mengunduh 26,52 Mbps, kemudian di urutan ketiga ditempati oleh bandara Haneda, Tokyo, Jepang dengan kecepatan mengunduh 18,28 Mbps. Urutan keempat yang ditempati oleh bandar internasional Indira Gandhi, memiliki layanan WiFi gratis yang disediakan oleh Domoco, kemudian Oktober tahun 2016 lalu, operator telekomunikasi Vodafone juga meluncurkan layanan WiFi gratisnya di bandara ini.

Baca juga: 6 Cara Menghemat Uang Saat Parkir Mobil di Bandara

Selain menguji kecepatan konektivitas WiFi, Ookla juga melakukan uji pada konektivitas jaringan selular di beberapa bandara tersebut. Hasil ini sungguh mengejutkan, sebab bandara internasional Indira Gandhi menepati urutan kesepuluh tepatnya dibawah bandara Suvarnabhumi, Thailand.

Dengan jaringan selular, di bandara internasional Indira Gandhi hanya mampu mengunduh dengan kecepatan maksimal 5,85 Mbps dan kecepatan mengunggah hanya 2,00 Mbps. Ini sangat rendah dibandingkan kecepatan mengunduh di bandara Changi, Singapura yang melesat hingga 45,81 Mbps.

Data kecepatan konektivitas (bgr.in)

Untuk kecepatan data mobile di India, ini termasuk tidak mengejutkan karena kecepatan mengunduh rata-rata di negara ini 7,62 Mbps. Ookla menyarankan saat berada di bandara Indira Gandhi, para wisatawan baiknya menggunakan WiFi untuk kenyamanan sedangkan untuk Dubai dan Seoul, Ookla mengatakan wisatawan bisa memilih antara WiFi ataupun jaringan data seluler.

Baca juga: Untuk Penumpang Obesitas, Perpanjangan Sabuk Pengaman Belum Jadi Prioritas

Diketahui, dari hasil uji kecepatan yang dilakukan Ookla menunjukkan adanya masalah konektivitas data bergerak di India meski banyaknya operator telekomunikasi yang bertebaran. Tak hanya itu, pada saat yang sama, konektivitas WiFi gratis berkembang sangat pesat di seluruh negara baik si stasiun kereta api ataupun sudut-sudut umum di jalan utama. Proyek retail milik Google pun juga memasang hotspot WiFi di 100 stasiun kereta api di India. Selain itu, saat ini perkeretaapian India juga telah merancang sebuah proyek untuk menyediakan layanana WiFi di semua stasiun kereta api yang mencapai 7.000 stasiun.