Mei 2017, PT KCJ Tambah Portable Ramp di 74 Stasiun

www.krl.co.id

Portable ramp atau tangga khusus biasanya berupa papan aluminium lipat yang fleksibel untuk dipindahkan dan juga digunakan untuk memindah kendaraan lain ataupun kursi roda saat masuk ke dalam kendaraan. Saat ini di Indonesia, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan menambahkan fasilitas portable ramp untuk membantu para disabilitas pengguna kursi roda saat menaiki rangkaian CommuterLine.

Dilansir KabarPenumpang.com dari krl.co.id, pengadaan portable ramp ini dalam rangka peningkatan pelayanan pengguna KRL dengan disabilitas. Portable ramp akan digunakan untuk membantu para disabilitas pengguna kursi roda saat naik dan turun kereta. Prototipe portable ramp KRL sudah diuji coba, sedangkan portable yang akan di gunakan masih dalam tahap produksi.

Bulan Mei mendatang, KCJ menargetkan portable ramp ini tersedia di 74 stasiun KRL Jabodetabek. Para disabilitas yang akan menggunakan fasilitas portable ramp akan dibantu oleh passanger service di stasiun. Nantinya passanger service ini akan membantu disabilitas pengguna kursi roda sampai naik ke rangkaian KRL dan berkoordinasi dengan petugas pengawalan kereta serta pessanger service di stasiun tujuan pengguna disabilitas dengan mengirimkan nomor rangkaian dan nomor kereta. Hal ini agar para disabilitas pengguna kursi roda bisa dibantu di stasiun tujuannya.

Adanya portable ramp juga untuk memperbaiki aksebilitas KRL Jabodetabek. Sebelumnya, KCJ sudah memasang ubin disabilitas di 35 stasiun KRL Jabodetabek dan akan dipenuhi secara bertahap di semua stasiun KRL. Sebelum portable ramp dan ubin disabilitas, KCJ sudah menambah pelayanan dengan penyedia informasi visual dan audio baik di satsiun maupun di KRL. Tak hanya itu, pintu manual dan jalur khusus bagi disabilitas atau permanent ramp juga sudah di buat.

KabarPenumpang.com
KabarPenumpang.com

TransJakarta salah satu moda trasnportasi umum lainnya, saat ini belum menyediakan portable ramp. Tetapi ada beberapa halte dengan akses menggunakan ramp seperti halte Balikota, Gambir 1, Gambir 2, Ragunan, Deplu, RSPAD, Istiqlal, Terminal Kp Rambutan, Terminal Pinang Ranti, Terminal Tj Priok, Garuda dan lainnya. Memang masih banyak halte bus TransJakarta belum begitu ramah disabilitas dengan kursi roda, tetapi, di dalam bus TransJakarta sendiri sudah tersedia ruang-ruang khusus untuk pengguna kursi roda tepat di bagian depan bus dan dibelakang pengemudi. Bagi disabilitas pengguna kursi roda yang akan menaiki bus TransJakarta akan dibantu oleh para petugas, baik saat menaiki ataupun turun dari Transjakarta.