Macet Parah Menuju Bandara, Bangalore Tawarkan Layanan Antar Jemput via Helikopter

Sumber: intoday.in

Dalam konsep Airport City, ketersediaan akses transportasi yang memadai menjadi salah satu poin yang menjadi perhatian. Dan kebanyakan bandara internasional mengedepankan layanan kereta bandara (airport train) untuk menghububgkan titik di bandara dan pusat kota. Namun ada yang berbeda dari Bengaluru International Airport Ltd. (BIAL) di India. Di bandara yang terletak di Selatan India ini justru akan menawarkan layanan terbarunya yaitu antar jemput penumpang menggunakan helikopter yang diberi nama HeliTaxi.

Bengaluru International Airport Ltd. (BIAL) terletak di Devanahalli, yang berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Bangalore dan kurang lebih berjarak 65 km dari Electronic City yang terletak di bagian selatan. Electronic City sendiri merupakan surga dari ratusan perusahaan teknologi dan perusahaan multinasional.

Baca Juga: Ookla – Bandara di India Tempati Urutan Empat Asia dengan Kecepatan WiFi Terbaik

KabarPenumpang.com melansir dari laman intoday.in (5/8/2017), adapun tarif sewa dari taksi mewah yang mampu menampung lima hingga tujuh penumpang ini adalah Rs3.000 hingga Rs4.000 atau setara dengan Rp672.000 hingga Rp836.000. Besaran tarif tersebut tergantuung dari jarak pengoperasian, semakin jauh jaraknya maka tarifnya pun akan semakin mahal. Pihak BIAL sendiri mengaku siap untuk mengoperasikan HeliTaxi antar kota dan bandara dengan ongkos yang seharga dengan layanan taksi mewah.

“Layanan melalui udara sendiri akan mengangkut penumapang dari atau menuju bandara lebih cepat dari moda lainnya seperti mobil pribadi, taksi, atau bahkan bus yang dimana melalui jalur lalu lintas yang semakin hari semakin padat,” ungkap Managing Director BIAL, Harsha Raghavan. Dari pengalaman KabarPenumpang.com saat bertandang ke Bangalore bulan Maret lalu, memang tingkat kemacetan parah menjadi masalah yang kompleks di Bangalore, terlebih pada akses menuju bandara.

Baca juga: Bicara Kemacetan Lalu Lintas, Bangalore Lebih Parah dari Jakarta!

Sebagai respon, pihak bandara pun telah melayangkan kontrak kepada pihak penyedia jasa layanan helikopter terkemuka, Thumby Aviation Ltd. dalam hal mengangkut penumpang baik dari kota menuju bandara maupun rute sebaliknya sesuai dengan permintaan. “Kami akan meminta persetujuan peraturan untuk segera menawarkan layanan antar-jemput terpadu antara bandara dan kota sebagai bagian dari inisiatif peningkatan pelayanan ini,” ungkap Harsha.

Baca Juga: Selangkah Lagi, Uber Akan Operasikan Taksi Udara

“Layanan ini akan memudahkan para eksekutif agar dapat menjangkau bandara lebih cepat, terutama di kota berkembang seperti ini,” tutur Pimpinan Thumby Aviation Ltd., Capt. KNG Nair pada saat acara pra-peluncuran. Senada dengan Harsha dan Capt. KNG Nair, Menteri Perhubungan untuk Penerbangan Sipil, Jayant Sinha mengatakan layanan HeliTax ini memastikan para penunpang dapat menjangkau bandara lebih cepat dari moda lain.

“Hadirnya layanan ini akan menjadikan India sebagai pusat penerbangan global yang sejati,” tutur Jayant. Hadirnya layanan ini tentu akan sangat membantu setiap penumpang yang hendak bepergian menggunakan pesawat. Ada banyak keuntungan yang dapat mereka rasakan. Selain terhindar dari kemacetan yang memungkinkan mereka terlambat, para pengguna layanan ini juga akan dikenakan biaya yang setara dengan sebuah layanan taksi mewah. Walaupun ketika dikonversi ke Rupiah harga tersebut memang lumayan mahal, namun terbukti akan sangat membantu Anda untuk menjangkau bandara.

Baca Juga: AirMap, Platform Pengatur Lalu Lintas Drone di Udara

Sebagai informasi tambahan, BIAL juga terkenal sebagai bandara tersibuk ketiga setelah Indira Gandhi International Airport di New Delhi dan Chhatrapati Shivaji International Airport yang terletak di Mumbai.