Leyland Atlantean: Nostalgia Bus Tingkat Jakarta Era 80-an

Setelah lebih dari satu dekade tak mengenal bus tingkat, kini dibawah manajemen TransJakarta warga DKI Jakarta bisa menikmati kembali sosok bus tingkat modern berstandar Eropa. Namun flashback ke pertengahan 90-an, sebagian dari Anda mungkin masih teringat bus tingkat milik Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) dengan warna biru abu-abu, inilah Leyland Atlantean, generasi kedua bus tingkat yang beroperasi di Jakarta.

Berbeda dengan bus tingkat TransJakarta yang kini digadang untuk melayani rute wisata, maka PPD mengerahkan Leyland Atlantean benar-benar untuk transportasi komuter, terutama pada jalur Blok M ā€“ Salemba ā€“ Pasar Senen. Dari sejarahnya, Leyland Atlantean masuk ke Indonesia pada tahun 1983. Asal muasalnya berasal dari program hibah Pemerintah Inggris. Ada yang menyebut bahwa hibah armada Atlantean terkait imbal balik pengadaan jet latih tempur Hawk M53 untuk TNI AU yang dibeli dari Inggris pada tahun 1980.

Dibandingkan bus reguler, maka Atlantean dapat membawa 106 penumpang sekali jalan. Jenis yang masuk ke Indonesia adalah tipe Leyland Atlantean An 68/2R dengan karoseri Alexander (diproduksi antara tahun 1972-1984). Bus dengan panjang 10.2 meter ini masuk ke Indonesia secara bertahap baik itu langsung dari inggris maupun bekas pakai Singapura.

Di Inggris, Leyland Atlantean merupakan bus tingkat yang mempunyai masa produksi cukup lama yaitu 1958 hingga tahun 1986. Atlantean merupakan pioner bus tingkat yang berpintu masuk depan serta penempatan mesin mesin belakang .Tentang dapur pacu, Atlantean menggunakan Diesel 6 silinder seri 0680 bertenaga 150 hp, tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmisi matik Voith pneumolyc , kelistrikan bus menggunakan system 24 v, dilengkapi dengan boster baterai, sistem kemudi sudah menggunakan power steering, sehingga memudahkan manuver bus. Di jamannya bus ini sudah tergolong canggih, sistem buka tutup pintunya sudah otomatis dengan sistem pneumatis yang diatur oleh sang pengemudi.

Selain di Jakarta, Leyland Atlantean diketahui juga dioperasikan di Surabaya dan Semarang. Diluar Jakarta bus ini dioperasikan oleh Perum Damri (Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia). Total ada 108 unit Atlantean yang didatangkan ke Indonesia.