Konsep Audi City Bus, Inikah Gambaran Bus Masa Depan?

Sumber: behance

Dewasa ini, banyak manufaktur otomotif yang berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi futuristik yang terpasang di armada mereka guna menghasilkan moda transportasi yang tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga mampu memberikan kenyamanan lebih dan pengalaman baru kepada para penggunanya. Demi mewujudkan sebuah bus futuristik yang bisa diproduksi dalam waktu 10 tahun mendatang, sebuah manufaktur automobile asal Negeri Bavaria, Audi tengah merancang sebuah desain konseptual City Bus.

Baca Juga: Olli, Bus Autonomous yang Bisa Diajak Bicara

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman behance.net, salah satu aspek kunci di balik pengadaan proyek ini adalah memberikan kenyamanan tinggi kepada para penggunanya. Sementara itu, minimnya getaran yang ditimbulkan oleh moda ini membuat aksesibilitas para penggunanya menjadi lebih tinggi. Tidak melupakan para penyandang disabilitas, bus ini juga menyediakan sebuah ruang khusus yang lebih besar, khusus untuk mereka.

Audi City Bus sendiri memiliki bentuk yang cukup unik. Layaknya sebuah balok yang diberi mesin dan roda, bus gandeng dengan enam roda ini siap untuk mencuri perhatian bagi siapa saja yang melihatnya. Perpaduan wana hitam dan putih di bagian luar bus ini akan memperkuat kesan elegan yang coba ditonjolkan oleh Audi. Terdapat dua varian yang rencananya akan dikembangkan oleh Audi, yaitu single-bus dan bus gandeng. Layaknya kebanyakan bus konvensional, Single-City Bus milik Audi akan menggunakan 4 roda saja.

Beralih ke bagian kabin, interior yang digunakan Audi akan mengkombinasikan bahan plastik, karet, dan logam. Di setiap tiang di dalam kabin akan dilengkapi dengan tombol yang dapat memberi sinyal kepada pengemudi jika ada penumpang yang hendak turun. Bagian unik lainnya dari City Bus ini adalah pewarnaan ubin kabin yang memiliki arti tersendiri. Ubin dengan warna gelap menandakan area tersebut digunakan untuk mobilitas para penumpang, sementara ubin dengan warna terang ditujukan untuk zona tempat duduk dan berdiri penumpang selama dalam perjalanan.

Platform kaca transparan di kedua sisi bus memungkinkan penumpang untuk melihat kondisi di luar moda. Keunikan lainnya muncul dari kursi pengemudi, dimana driver bisa menyesuaikan tempat duduk mereka melalui layar sentuh. Alih-alih menggunakan kaca spion yang terkesan kuno, Audi mengganti fitur ini dengan kamera digital. Canggih bukan?

Baca Juga: Sirocco, Bus Dengan Roda Sejajar Calon Transportasi Masa Depan

Diharapkan, solusi penggantian kaca spion dengan kamera digital ini dapat meningkatkan kewaspadaan pengemudi terhadap sekelilingnya, termasuk meminimalisir blind spot yang kerap kali menjadi masalah bagi para pengemudi. Di bagian depan, Audi akan menempelkan sebuah layar digital yang akan menampilkan nomor serta tujuan bus itu. Sebagai gambaran, layar digital tersebut mungkin akan mirip dengan yang sudah terpasang di TransJakarta dan beberapa Commuter Line, namun yang akan digunakan Audi tentunya lebih canggih.