Karena Sapi Dianggap Suci, Penumpang Rela Turun dari Kereta

Youtube.com

India adalah negara dengan mayoritas penduduknya beragama Hindu dan menganggap sapi adalah hewan paling dihormati. Sebab Sapi di agama Hindu adalah hewan milik para dewa dan dianggap suci, sehingga sapi tidak boleh disakiti. Seperti dilansir dari timesofindia.indiatimes.com (1/4/2017), sapi-sapi berkeliaran di sekitar jalur kereta api dan tidak akan mungkin di tabrak ataupun di usir secara paksa oleh penduduk atau penumpang. Penumpang atau penduduk harus melakukan secara halus untuk memindahkan sapi-sapi tersebut atau menunggu sampai sapi-sapi itu pergi dengan sendirinya setelah kenyang.

Pada Minggu malam (30/4/2017), sapi-sapi liar menghalangi jalur kereta barang untuk ke peron tujuh di Stasiun Charbagh. Diketahui, kawanan sapi tersebut datang ke jalur kereta sekitar pukul 6 sore waktu Charbagh. Kemudian tak sampai lima menit, sebuah mobil kontainer pembawa bahan bakar minyak tiba di dekat jalur tersebut dan terpaksa menghentikan kendaraannya di dekat persimpangan NER karena sapi-sapi tersebut berada di jalan. Saat itu, pengemudi kontainer bersiul tapi tidak juga sapi-sapi itu bergerak dari tempatnya.

Akibat masalah ini selain mobil kontainer dan kereta barang, ada dua kereta penumpang lainnya yakni Farakka Express dan Bareilly yang tertunda masuk ke stasiun lebih dari satu jam. Para penumpang kereta Farakka Express dan Bareilly baik yang muda hingga lanjut usia banyak yang turun dari kereta dengan menyusuri jalur yang sedikit terjal dan membuat tidak nyaman para penumpang yang berjalan kaki akibat bosan menunggu sapi-sapi itu beranjak dari jalur kereta.

Sebenarnya para penumpang ini turun dari kereta dan berjalan kaki menuju stasiun Charbagh untuk melaporkan masalah gangguan sapi-sapi yanng berada di jalur kereta kepada kepala stasiun. Sayangnya setelah melaporkan masalah tersebut, pihak stasiun menganggap keluhan tersebut tidak dapat dilajutkan.

“Kami memberitahu ke Kepala Stasiun bahwa sapi lah yang menghentikan perjalanan. Di jalur tersebut juga tidak ada orang yang berinisiatif mengeluarkan sapi-sapi dari jalur rel, justru hewan-hewan itu malah merumput disekitaran rel,” ujar salah seorang penumpang.

Beberapa penumpang lainnya juga mengatakan kaget saat turun dari kereta melihat ada dua ekor sapi yang berada di rel. Tak hanya itu, ada beberapa penumpang yang jatuh akibat harus berjalan dan turun dari kereta yang ditumpanginya menuju stasiun Charbagh.