Israel Railways Hadirkan Sepeda di Stasiun untuk Mudahkan Akses Penumpang

ilustrasi sepeda di stasiun kereta api Israel (Youtube)

Sempat mati suri dan hanya digunakan untuk berolahraga serta bersantai, sepeda kini kembali merajai dunia transportasi. Terbukti beberapa platform ride sharing menambahkan sepeda dalam moda transportasinya selain mobil dan motor.

Baca juga: ‘Ojek Sepeda’ Kembali Hidup, Grab Menjadi Yang Kedua Beredar

Beberapa diantaranya yang sudah memasukkan sepeda dalam platform ride sharingnya yakni Uber dan Grab. Uber hadir di Amerika dan Grab di Singapura, dua platform ini menempati urutan pertama dan kedua yang memberdayakan sepeda di jalur transportasi dunia.

KabarPenumpang.com melansir dari laman globes.co.il (16/4/2018), bahwa Israel Railways baru-baru ini berencana menyewakan sepeda di stasiun-stasiunnya. Adanya rencana ini untuk mengatasi masalah akses dan parkir di stasiun kereta api.

Israel Railways sudah membuat skema percontohan yang akan diluncurkan untuk menghadirkan sepeda di stasiun kereta api Israel. Rencana ini akan dimulai dalam dua bulan kedepan sehingga memungkinkan penumpang yang turun dari kereta bisa menyewa sepeda tersebut.

Namun, saat ini belum jelas diketahui perusahaan sepeda mana yang akan menyediakan layanan tersebut. Kementerian Transportasi dan Israel Railways akan membuka penerimaan proposal bagi perusahaan yang ingin berpartisipasi dalam skema pembagian penyewaan sepeda tersebut.

Baru-baru ini, dua perusahaan sepeda dari Cina tiba di Israel untuk bekerja sama terkait skema yang dibuat Israel Railways tersebut. Ofo dan Mobike dua perusahaan ride sharing yang beroperasi menggunakan aplikasi ponsel.

Kedua aplikasi ini memberikan keuntungan dimana sepeda yang mereka sediakan memiliki kunci yang terpasang. Mobike sendiri jika pengguna akan mengakhiri penggunaan sepedanya bisa meninggalkan sepeda di beberapa tempat parkir yang disediakan dan sudah memiliki izin kerja sama.

Israel Railways sendiri diketahui juga menawarkan lahan untuk docking sepeda gratis ke perusahaan penyewa sepeda. Tetapi perjanjian terkait ini masih harus dibicarakan dengan otoritas lokal.

Adanya pemberian proposal sangatlah penting, sebab dalam hal ini pihak Israel Railways tidaklah menggunakan proses tender. Sehingga para operator yang berminat akan di undang dan bisa menempatkan sepeda mereka di stasiun kereta api untuk kepentingan penumpang.

Dengan hadirnya sepeda di stasiun, penumpang akan mendapatkan potongan sepuluh persen jika menggunakan sepeda dan memesannya melalui aplikasi. Tujuan utama Israel Railways sebenarnya untuk mendorong penumpang menggunaan transportasi umum dan mengurangi masalah akses parkir di beberapa stasiun kereta api.

Tahun 2017 lalu, Kementerian Transportasi melakukan survei dan mendapatkan hasil lima ribu penumpang kereta api menggunakan sepeda pada jam sibuk setiap harinya. Ini lebih tinggi 35 persen dari tahun 2014.

Baca juga: Hadirkan Layanan Sepeda Listrik di Negeri Paman Sam, Uber Akuisisi JUMP

Jika sudah selesai semua terkait masalah operator sepeda, jalur dan lainnya, pembagian sepeda tersebut akan dimulai pada stasiun Beersheva North. Tak hanya itu, nantinya akan berkembang sesuai dengan tingkat kerja sama yang diterima dari pemerintah setempat.

“Ketika skema percontohan meluas, setiap penumpang akan dapat melakukan perjalanan ke dan dari stasiun kereta api dengan mudah dan bebas,” kata Menteri Transportasi Yisrael Katz.