Eva – Kereta Cepat Berbiaya Murah Kedua, Meluncur 2019 di Spanyol

Eva akan mengular di Spanyol 2019 mendatang

Tingginya tarif yang dipatok pada kereta cepat menjadikan tantangan tersendiri bagi industri. Tak heran bila kemudian muncul layanan kereta cepat berbiaya rendah, seperti Ouigo, kereta cepat bergaya TGV yang telah diluncurkan di Perancis dan telah melayani pinggiran Paris, antara Massy dan Palaiseau. Dan rupanya demam kereta cepat berbiaya rendah juga menular ke tetangga Perancis, yakni Spanyol.

Baca juga: Ouigo, Kereta Cepat Bergaya TGV dengan Tarif Rendah

Kereta cepat yang diberi label “Eva” ini digadang untuk melayani rute Barcelona-Madrid, yang dipersiapkan untuk meluncur di 2019. Hadirnya kereta cepat baru ini digawangi Renfe, yang merupakan operator kereta api Spanyol. Menteri Pembangunan Spanyol, Íñigo de la Serna mengatakan teknologi tiket kereta Eva nantinya akan lebih murah. Setiap keberangkatan dengan Eva akan menggunakan proses digital yang menghemat biaya.

Tiket kereta ini bisa dibeli secara online dan menggunakan tiket elektronik dan bisa digunakan sampai tujuan akhir. KabarPenumpang.com melansir dari laman thelocal.es (6/2/2018), bahwa tarif kereta cepat ini bisa lebih murah 20 sampai 25 persen lebih rendah dari €98 atau sekitar Rp1,6 juta pada layanan Ave, layanan kereta cepat premium yang eksisting.

Layanan kereta cepat ini bukanlah melalui stasiun Barcelona Sants di pusat kota Catalan melainkan di sebuah hub baru di El Prat de Llobregat dekat dengan bandara. Rute baru dari Eva ini akan beroperasi sebanyak lima kali baik dari stasiun sentral Madrid Atocha maupun dari stasiun El Prat de Llobregat.

Diketahui, kereta cepat ini akan bergerak dengan kecepatan 190 mph atau sekitar 305 km per jam dan akan menyelesaikan perjalanannya dalam tiga jam. Waktu tempuh Eva tak jauh dari Ave yang menjadi kereta cepat pertama di Spanyol yakni hanya berbeda 5 km per jam.

Baca juga: Inilah 10 Kereta Tercepat di Dunia

Sebelum adanya Eva, Ave sangat sukses bersaing dengan maskapai penerbangan Barcelona menuju Madrid ataupun sebaliknya. Hingga kini sebanyak 65 persen yang bepergian di antara kota lebih memilih menggunakan kereta. Sebab tiket pesawat rata-rata harganya lebih dari US$100 atau sekitar Rp1,4 juta dengan penerbangan termurah untuk rute domestik di Spanyol.