Dublin Port Kedatangan Ferry Ro-Ro Terbesar di Dunia “MV Celine”

Sumber: shipspotting.com

Pada hari Senin lalu (23/10), Dublin Port di Irlandia kehadiran tamu istimewa yang juga menjadi bagian dalam sejarah moda laut. Ya, pelabuhan tersebut kedatangan MV Celine, ferry pengangkut bersistem Roll-on/roll-off (ro-ro) terbesar di dunia. Bukan sengaja datang, newbuild raksasa tersebut disinyalir telah melakukan debut perjalanan menuju Rotterdam menyusul sebuah perjalanan pengiriman.

Baca Lagi: KRI Tanjung Kambani 971, Kapal Ferry RoRo dengan Cita Rasa Militer

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman afloat.ie, Operator CLdN ro-ro SA (Cobelfret Ferries) menyambut MV Celine dari galangan kapal Korea Selatan ke pelabuhan Belanda dimana lalu lintas barang akan diangkut menggunakan kapal raksasa yang berkapasitas 8000 lane meter ini. Selain itu, kapal dengan panjang 234 meter dan lebar 38 meter ini akan menjadi kapal ro-ro terbesar yang pernah bersandara di Dublin Port, dimana kapal itu juga akan beroperasi dari pelabuhan Zeebrugge di Belgia.

M.V. Celine merupakan kapal roro shortsea terbesar yang pernah ditugaskan oleh perusahaan yang berbasis di Luxembourg tersebut. Dari segi penampilannya sendiri, kapal ini lebih mirip dengan modern car-carrier dibandingkan dengan desain pendahulunya yang lebih banyak mengandalkan desain kapal ferry bertingkat terbuka, kecuali untuk beberapa seri kapal dalam beberapa tahun belakangan ini.

Menurut Dublin Port Company, MV Celine mampu membawa lebih dari 600 unit pengangkutan, dimana angka tersebut mendekati dua kali ukuran ferry terbesar yang dioperasikan oleh pelabuhan tersebut. Laman sumber menambahkan bahwa kehadiran kapal ini mengacu pada Ulysess, kapal pesiar raksasa asal Irlandia yang mampu melayani Holyhead.

Pihak Dublin Port mengakui adanya kenaikan jumlah volume sebanyak 30 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Perusahaan pelabuhan tersebut juga menyoroti MV Celine, terutama mengingat penggunaan newbuild ini akan meningkatkan kapasitas angkut untuk mengatasi permintaan terhadap layanan kontinental langsung.

Baca Juga: BC Ferries Operasikan Kapal Ferry Pertama dengan Bahan Bakar Ganda

Chief Executive Dublin Port, Eamonn O’Reilly memprediksi bahwa pelabuhan tersebut akan menambahkan lebih banyak layanan baru ke benua Eropa pada tahun 2018 mendatang. Berdasarkan rekap yang dimiliki oleh Dublin Port Company, sektor ro-ro mengindikasikan pertumbuhan yang sangat pesat dengan 736.462 unit pengangkutan dalam rentang waktu sembilan bulan pertama, atau meningkat sebesar 5,3 persen dari tahun sebelumnya. Dari presentasi tersebut, layanan ro-ro antara Irlandia dan Inggris-lah yang menunjukkan pertumbuhan pesat.

Namun, volume penggangkutan kendaraan impor baru mengalami penurunan sebesar 5,5 persen selama periode tersebut, itu berarti peningkatan terjadi dalam kasus impor kendaraan bekas dari Inggris menuju Irlandia.