Bus Bandara Kini Lewati Jalur Mall dan Hotel Jabodetabek

JA Connexion ( Mall Kelapa Gading)

Sering bingung saat berada di mall atau hotel dan harus berangkat ke bandara dengan budget rendah? Pada 30 Mei 2017 kemarin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meluncurkan angkutan bus Jabodetabek Airport Connection (JA Connection) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bus ini akan mengangkut penumpang dari 15 hotel dan 7 mall di Jabodetabek.

Baca juga: Transjakarta Siapkan Rute Baru ke Bandara Soekarno Hatta

Dirangkum KabarPenumpang.com, tarif JA Connexion ini berbeda antara dari hotel ataupun mall walaupun tujuannya sama-sama ke bandara. Dari pertama ditetapkan, hingga kini tarif yang diberikan masih dalam masa promo. “Tarif dari hotel ke Bandara Rp50 ribu, tarif mal ke Bandara Rp 25 ribu,” ujar Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Elly Adriani Sinaga yang dikutip KabarPenumpang.com dari Kompas.com (30/5/2017).

Baca juga: Terganjal Pembebasan Lahan, Pengoperasian Kereta Bandara Soetta Mundur dari Jadwal

Diketahui ada empat perusahaan otobus (PO) dengan 91 bus yang melayani dari 15 hotel dan 7 mall ke bandara Soetta. Keempat PO tersebut adalah Blue Bird, Sinar Jaya, Perum Damri dan Perum PPD. Budi Karya mengatakan JA Connexion ini sebagai bagian dari Bus Rapid Transit (BRT) yang menjadi sebuah keharusan bagi Jakarta.

Traffic penumpang di Bandara Soekarno Hatta setiap harinya adalah 150 ribu orang ditambah sekitar 25 ribu pekerja di Bandara Soekarno Hatta, sehingga kehadiran bus ini menjadi suatu keharusan,” ujar Budi Karya. Adanya JA Connexion ini menambah dan mempermudah masyarakat menuju bandara Soetta dan menjadi salah satu alternatif seperti kereta api bandara yang sebentar lagi juga akan segera beroperasi.

Baca juga: Perum DAMRI Hadirkan Bus High Deck dengan Pengalaman Pesawat Terbang

Light Rail Transit (LRT) itu lebih efisien tiga kali lipat dari bus dan bus lima kali lipat lebih efisien dari kendaraan pribadi. Sehingga layanan bus ini harus diselenggarakan secepatnya dengan tingkat pelayanan yang baik,” ujar Budi Karya.

Diketahui berikut 15 hotel di Jabodetabek yang melayani angkutan bus ini yakni Hotel Borobudur, Alila, Luminor, Sari Pan Pacific, Aryaduta, Grand Cemara, ibis Tamarin, Milenium, Grand Sahid Jaya , Hotel Ascot, Hotel Amaris Thamrin City, Hotel Aston Sentul City, Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang dan Hotel Mall BTM Bogor.

Sedangkan untuk mall, JA Connexion ini melalui rute dari Mall Taman Anggrek, Mall Plaza Senayan, Mall ITC Cempaka Mas, Mall Kelapa Gading, Mall Thamrin City dan Tanah Abang, Mall BTM Bogor dan Mall Grand Indonesia.