Begini Cara Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta

vending machine untuk pembelian tiket bandara (Tribunnews.com)

Kereta bandara Soekarno-Hatta yang resmi beroperasi menuju stasiun Sudirman Baru (BNI City) membuat banyak masyarakat antusias menggunakannya. Namun cara pembelian tiketnya dipandang beberapa orang membuat bingung. Apalagi untuk pembelian tiket kereta ini tidak lagi menggunakan uang tunai melainkan kartu debit, kredit bahkan uang elektronik.

Baca juga: Beroperasi Q1 2018, Kereta Bandara Minangkabau Adopsi Kereta Rel Diesel Listrik

Sebenarnya ada beberapa cara untuk membeli tiket kereta bandara yakni bisa membeli melalui vending machine di stasiun atau bandara, aplikasi maupun situs resmi milik PT Railink. Untuk aplikasi Railink sendiri, penumpang bisa mengunduhnya di Google Play atau di Apple App Store.

Cara untuk menggunakan vending machine penumpang memilih menu booking tiket, kemudian pilih stasiun tujuan, jika berangkat dari stasiun Sudirman Baru, tujuan yang ada hanya menuju Batu Ceper dan bandara Soetta. Sebaliknya pun begitu jika berangkat dari bandara Soetta, sebab stasiun Duri dan Manggarai masih dalam proses pengerjaan.

Kemudian, penumpang bisa memilih jam keberangkatan dan ketersedian tiketnya. Masukkan nomor telepon seluler Anda dan pilih metode pembayaran menggunakan debit, kredit atau uang elektronik.

Nantinya setelah pembayaran dinyatakan sukses, tiket akan keluar lengkap dengan nomor dan barcode. Jika pemesanan yang Anda lakukan melalui aplikasi dan situs Railink bisa membayar melalui mobile atau internet banking atau Doku Wallet.

Untuk proses pemesanan tiket ini, setiap penumpang membutuhkan waktu satu sampai dengan dua menit. Sementara vending machine untuk pembelian tiket kereta bandara masih di jaga petugas, yang nantinya akan membantu penumpang. Namun, kedepannya mesin tiket ini tidak lagi dijaga oleh petugas dan penumpang harus melakukan pembelian mandiri tanpa arahan petugas.

Baca juga: Setelah Dikritik Presiden, Tarif Kereta Bandara Soetta Turun Jadi Rp70 Ribu

Sedangkan untuk pengguna yang menggunakan aplikasi milik Railink, caranya hampir mirip dengan memesan kereta api jarak jauh melalui KAI Access dimana pengguna harus mengisi data seperti biasa dan melakukan pembayaran menggunakan mobile atau internet banking.