Bagi Pramugari, Melayani Penumpang di Kelas Ekonomi Adalah Berkah

Adalah wajar bila setiap penumpang berpikir untuk menikmati penerbangan dengan kelas bisnis dan kelas satu, terlebih bila ada promosi dari maskapai untuk kedua kelas ini baik lewat penukaran miles atau penawaran menarik lainnya. Tapi tahukah Anda bahwa pramugari yang melayani terkadang tak merasa nyaman berada di kelas utama tersebut dan lebih memilih melayani penumpang di kelas ekonomi.

Baca juga: Diet Coke, Inilah Minuman Yang Dibenci Pramugari

Tentu ini menjadi pertanyaan menarik, dan ternyata penyebabnya lantaran penumpang yang berada di kelas bisnis ataupun kelas satu lebih ingin dilayani dan terkadang membuat para pramugari tak bisa beristirahat. KabarPenumpang.com merangkum dari laman thesun.co.uk, beberapa pramugari menyatakan bahwa melayani penumpang di kelas ekonomi merupakan pekerjaan terbaik. Pekerjaan pramugari di kabin kelas satu ataupun bisnis membuat mereka harus bekerja lebih keras dan jarang ada waktu untuk beristirahat. Mantan pramugari salah satu maskapai, Heather Wilde mengatakan, bahwa pekerjaan melayani di kabin ekonomi jauh lebih mudah dibanding kelas satu atau kelas bisnis.

Dia menambahkan, ketika terbang dengan kelas ekonomi semua akan berjalan lebih baik, pramugari paling senior di pesawat akan menangani semua pengumuman, dokumen dan stok. Kemudian mengecek pelayanan minuman dan makanan ringan, lorong kabin dan lainnya.

“Dalam pengalaman di kelas satu tidak ada waktu untuk beristirahat. Karena Anda harus melayani setiap penumpang setiap menit dalam penerbangan dan Anda harus bisa memastikan memberitahukan pengumuman pada waktu yang tepat. Sejujurnya ini membuat saya seperti pelayan di langit,” ujar Wilde.

Nuralia Mazlan yang juga seorang pramugari senior mengatakan, dirinya lebih baik melayani 100 penumpang di kelas ekonomi dibandingkan 16 penumpang kelas bisnis. Menurutnya, penumpang kelas ekonomi saat diberikan makanan dan minuman tidak banyak mengeluh. “Selesai penumpang makan dan minum, kami mengumpulkan sampah mereka. Sesudah selesai kami mematikan lampu kabin dan bersiap untuk tidur,” jelas Mazlan.

Dari berbagai pengalaman ini, beberapa anggota awak kabin mengatakan, rute yang dioperasikan pesawat bisa mendikte penumpang yang berada di kelas bisnis atau kelas satu. Misalnya seperti salah satu anggota Reddit bernama Emmadilemma yang mengatakan dirinya suka bekerja di kelas satu kecuali di penerbangan jarak jauh menuju Los Angeles, Amerika Serikat. Menurutnya, semua orang tujuan LAX merasa diri seperti putri dan pantas diperlakukan seperti selebriti. Untuk maskapai lainnya, penumpang kelas bisnis adalah yang paling kasar dengan rute tujuan dari New York ke London atau New York ke Miami.

Baca juga: Beragam Alasan Hidangan di Kabin Pesawat Tak Senikmat di Darat

“Pada penerbangan NYC-Florida semua orang mengira mereka adalah orang terpenting di dunia. Saya pernah mendapat 40 orang penumpang pria yang mengatakan bahwa mereka adalah pemilih makanan dan meminta saya untuk mengeluarkan kacang almond dari sajian makanan yang berupa campuran kacang atau hal lainnya,” ujar Brad salah satu pramugari.

Karena melayani penumpang di kelas satu atau kelas bisnis dirasa lebih menantang, umumnya untuk melayani kedua kelas tersebut dipilih pramugari yang sudah punya jam terbang tinggi, atau pramugari senior.