Baca Ini Dulu Sebelum Anda Beli Koper

Kaskus

Sebagai traveler Anda telah memutuskan untuk pergi menggunakan menggunakan koper. Tapi diluaran terlihat beragam jenis dan model koper yang ditawarkan dengan harga bervariasi. Jika kocek di dompet tebal, tidak ada salahnya langsung membeli merek atau tipe yang jadi rujukan nomer satu. Namun sebaliknya jika kocek terbatas, bukan berarti Anda tak bisa mendapatkan koper bagus. Tapi untuk mendapatkan koper yang pas antara harga dan kualitas, memang harus tahu panduannya. Seperti dikutip dari realmenrealstyle.com ada beberapa tips untuk memudahkan Anda untuk membeli koper.

1. Sesuaikan ukuran
Untuk masalah ukuran memang harus di sesuaikan. Boleh saja Anda membeli yang besar dengan pikiran untuk pakaian satu keluarga. Padahal untuk ukuran koper besar justru merepotkan Anda. Di dalam koper besar bisa memuat barang 25 kg, apalagi Anda harus melakukan perjalanan jauh dan melewati X-ray di bandara. Koper besar di anggap terlalu berat untuk bepergian. Selain itu, Anda juga harus memikirkan waktu perjalanan, apabila perjalanan jauh baiknya gunakan koper sedang-besar dan ingat untuk tempat oleh-oleh yang akan Anda bawa. Bila perjalanan dekat bisa membeli koper ukuran kecil- sedang.

Baiknya Anda membeli koper sedang, ini akan memudahkan Anda. Isi koper bisa banyak tetapi tidak terlalu berat dan juga bisa digunakan saat bepergian dalam waktu yang lama ataupun sebentar.

Tribuntravel
Tribuntravel

2. Roda 4
Saat ini roda koper sudah ada dua jenis yang dua dan empat roda. Belilah koper yang memiliki empat roda, karena koper ini bisa ditarik dan didorong. Sedangkan koper dengan dua roda hanya bisa ditarik.

3. Keamanan koper lengkap
Anda sebagai orang awam atau baru pertama kali membeli koper, baiknya perhatikan keamaan koper. Biasanya di koper ada kunci standar TSA (Travel Sentry Approved) apalagi di koper yang di jual dipasaran sudah dilengkapi keamanan teersebut. Selain itu, bila koper masih menggunakan koper, ujung resleting yang berlubang bisa ditambah dengan gembok.

4. Koper awet
Beli koper yang berbahan plastik (Pc/abs) doff, dengan bahan ini biasanya koper akan anti pecah karena desain yang fleksibel sehingga bila dibanting atau terjatuh sedikit membal. Tak hanya itu bila plastik doff, koper tidak akan terkena bekas apapun walaupun stiker bandara ditempel karena mudah dibersihkan. Sedangkan berbahan glossy, koper akan mudah terbaret dan sisa stiker sulit di hilangkan. Namun, bila Anda menyukai koper berbahan kanvas atau bahan seperti karung goni harus bisa menjaga agar tidak terkena noda yang merusak warna dari koper tersebut.

5. Gagang koper
Dengan harga yang dibandrol murah, koper yang Anda beli belumlah tentu baik. Sehingga, saat membeli koper, cek gagang untuk menarik atau mendorong koper. Bila tidak bermasalah koper bisa Anda piih dan sebaliknya, bila konddisi gagangnya kurang baik, segera cari yang lainnya.

6. Cari harga menengah
Anda pembeli koper awam, jangan tergiur harga mahal ataupun murah. Terkadang dengan harga mahal kualitas kurang bagus, apalagi harga murah. Baiknya beli koper dengan harga menengah atau harga standar koper.