Akibat Kabel Charger, Kondektur Kereta Sampai Layangkan Bogem ke Penumpang

Kondektur kereta memukul penumpang (whdh.com)

Selain memeriksa tiket penumpang kereta, seorang kondektur juga berperan untuk melayani kebutuhan penumpang selama perjalanan. Bahkan seperti di PT KAI, kondektur dipersiapkan sebagai garda terdepan dalam pelayanan, termasuk dengan mencantumkan nomer kontak sang kondektur agar bisa dihubungi suatu waktu oleh penumpang. Namun ada insiden unik di Amerika Serikat, seorang kondektur malah beradu jotos pada penumpang.

Baca juga: Nyaris Celakakan 1.000 Penumpang, Tujuh Petugas Kereta Api India Diganjar Sanksi Berat!

Pada video yang sempat viral pada Maret 2017 lalu, memperlihatkan kondektur kereta yang memukul seorang penumpang di salah satu stasiun di Massachusetts, Amerika Serikat. KabarPenumpang.com melansir dari 7News (7/5/2018), bahwa video berdurasi sepuluh detik tersebut sudah membuat kondektur tersebut diberhentikan tanpa dibayar dan pihak perusahaan melakukan penyelidikan terhadap kejadian itu.

“Saya pikir itu tidak dapat diterima. Itu konyol,” kata Edward Cooke seorang penumpang kereta komuter Massachussets Bay Transportation Authority (MBTA).

Tak hanya itu Jeff McFarland penumpang lainnya mengatakan, kondektur terlihat seperti keluar dari batas kontrol dirinya dan ini terjadi cukup cepat. Penumpang yang merekam video tersebut tidak ingin diketahui namanya dan memberitahukan bahwa itu adalah temannya yang diserang oleh sang kondektur.

Awal mulanya sebelum terjadinya serangan tersebut, teman si pemilik rekaman memasang charger

di kereta dan kabelnya membentang di tengah lorong gerbong. Kondektur yang melihat itu sepertinya tidak suka karena terlihat menganggu dan terjadi pertengkaran mulut antara keduanya.

Ketika kereta berhenti, keduanya turun di stasiun North Leominster dan pertengkaran fisik pun terjadi. Dalam video itu, kondektur mencekik leher pria dan mencoba mendorongnya ke tanah.

Kemudian penumpang sekitar yang melihat itu membantu pria tersebut agar tidak terjadi perkelahian yang lebih fatal. Hal ini merupakan permasalahan pribadi tetapi membuat kondektur tersebut tak lagi dipekerjakan.

“Insiden ini sangat serius dan masih dalam penyelidikan. Keselamatan penumpang selalu menjadi prioritas utama,” ujar MBTA.

Baca juga: Stasiun Gandhinagar Jaipur, Gunakan Seluruhnya Petugas Wanita!

Perwakilan serikat kondektur juga menolak untuk membahas insiden itu dan mengatakan, kondektur telah menjadi karyawan teladan selama lebih dari satu dekade tanpa riwayat indisipliner.