Airavat, Bus AKAP dengan Fasilitas Mini Bar dan Toilet Kering

Sumber: motorindiaonline.in

Mungkin Anda tidak asing ketika mendengar sebuah bus memiliki toilet di dalamnya, karena toilet-toilet tersebut dapat Anda temui di bus-bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Namun, toilet yang biasanya ditemui di dalam bus tersebut merupakan toilet basah, dimana masih menggunakan sistem flush. Nah, manufaktur otomotif multinasional raksasa asal Swedia, Volvo dipinang oleh The Karnataka State Road Transport Corporation (KSRTC) di Bangalore, India untuk menyanggupi pengadaan bus yang dilengkapi dengan pantry dan toilet kering.

Sumber: deccanherald.com

Adalah Airavat, nama yang dipilih Volvo untuk menjawab tantangan yang diajukan oleh pihak KSRTC. Ini tidaklah sama dengan bus reguler yang sudah menjajal jalan-jalan di Bangalore, Airavat dilengkapi dengan Airavat Superia dan Airavat Bliss. Airavat Superia adalah sistem toilet kering yang diaplikasikan Volvo pada bus ini, dimana diadopsi dari sistem toilet yang digunakan oleh pihak penerbangan atau kerap kali ditemukan pada sebuah konser atau di tempat-tempat umum. Sedangkan Airavat Bliss merupakan dapur mini yang lengkap dengan perlengkapan dapur pada umumnya.

Sumber: indiatimes.com

Dengan terpasangnya sejumlah perangkat penunjang tadi, maka Airavat bus seakan siap untuk melakukan perjalanan jarak jauh berkelas dengan target utama penumpang yaitu anak-anak dan orang tua. Seperti yang KabarPenumpang.com lansir dari laman indiatimes.com, pejabat KSRTC mengatakan bahwa toilet akan mendapat perlakuan “spesial” dari staf pemeliharaan KSRTC dan makanan yang tersedia merupakan tanggung jawab dari pihak vendor swasta.

Layaknya sebuah bus kelas VIP, interior bus yang dapat menampung 41 penumpang ini mampu membuat para penumpangnya betah berlama-lama berada di dalam bus ini. Jarak antar bangku yang terbilang cukup jauh akan memberikan keuntungan bagi penumpang yang merasa kelelahan karena bisa meregangkan kakinya. Ditambah lagi dengan dua fitur utama dari bus ini, Airavat Bliss dan Superia yang seolah memindahkan nuansa rumah ke dalam kabin bus.

Bukan hanya itu, suspensi yang digunakan oleh pihak Volvo sendiri juga memegang peranan penting di sini. Penggunaan suspensi yang jauh lebih empuk daripada bus lainnya merupakan suatu hal tidak luput dari pertimbangan Volvo, ditambah lagi dengan tersedianya dapur mini pada moda darat ini. Tentu saja Volvo sudah memikirkan matang-matang bagaimana caranya penumpang dapat menikmati hidangan dalam bus tanpa harus terganggu dengan kondisi jalan yang tidak mulus.

Selain sistem suspensi yang mumpuni, kondisi jalan juga menjadi faktor lain yang dapat menunjang kenyamanan dari bus ini, walaupun tidak bisa dipungkiri kendala pada pra-sarana transportasi ini juga yang dialami oleh moda darat lainnya. Kondisi jalan yang tidak rata hingga berlubang akan mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara, terutama jika Anda tengah menyantap hidangan di dalam bus Airavat.