50 Tahun Berdiri, PO Nusantara Rilis Bus Buatan Karoserinya Sendiri

Penampakan bus Conqueror Double Decker (blogspot)

Sudah berdiri selama 50 tahun, Perusahaan Otobus (PO) Nusantara meluncurkan bus tingkat atau double decker terbarunya. Bus Conqueror Double Decker ini merupakan bus tingkat buatan karoseri Nusantara Gemilang yang berada dibawah naungan PO Nusantara.

Baca juga: Jauh Sebelum Motobus, Ternyata Sudah Ada Jasa Kirim Motor via Bus AKAP!

Bus baru milik PO asal Kudus ini menggunakan sasis MAN seri R37 yang merupakan buatan Eropa dan pertama kali masuk Indonesia dengan tiga poros. Sasis model ini sangat fleksibel untuk dibuat sasis bus baik single dek ataupun double dek.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, bus Conqueror ini bagian luar berwarna coklat susu yang dipadukan dengan kombinasi ombak berwarna kuning. Tak hanya itu, angka 50 dan tulisan Nusantara serta gambar burung elang yang merupakan simbol karoseri Nusantara di cat berwarna putih pun menghiasi body kiri dan kanan luar bus ini.

Bus PO Nusantara jaman dulu

Bisa dikatakan bus terbaru double decker ini merupakan hadiah ke 50 tahun PO yang sudah banyak melayani trayek bus malam AKAP dan pariwisata. Seperti double decker lainnya, bus baru ini menggunakan kaca ganda di bagian depan untuk pemandangan penumpang baik yang duduk di dek atas maupun bawah.

Meski memiliki double dek, tetapi bobot bus baru milik PO Nusantara lebih ringan sehingga bus lebih hemat bahan bakar dan ban juga awet. Bus bernama Conqueror tersebut memiliki arti penakluk, mungkin pemilik PO menginginkan bus ini untuk menjadi penakluk dunia transportasi dan menjaring masyarakat menggunakan transportasi umum salah satunya bus.

Sayangnya, belum ada informasi lebih jelas armada ini akan dioperasikan sebagai bus malam AKAP atau pariwisata. Tetapi jika dilihat dari persaingan PO bus yang ada saat ini, Conqueror bisa digunakan menjadi bus AKAP yang melintasi trayek Jakarta-Semarang-Kudus.

PO Nusantara sendiri merupakan salah satu PO yang terkenal dengan bus-bus mewahnya seperti Omah Mlaku, Omah Mlayu dan bus AKAP dengan trayek dari Kudus ke beberapa kota di Pulau Jawa. PO ini didirikan tahun 1968 silam oleh Yonatan Budianto di Kudus.

Baca juga: Mengenal PO Safari Dharma Raya, “Si Gajah dari Temanggung”

Awal didirikannya, PO ini hanya mengandalkan dua unit bus merek GAZ buatan Uni Soviet pada tahun 1965. Kedua bus tersebut sebelum digunakan PO Nusantara dulunya bekas digunakan TNI Angkatan Laut.

Bus-bus yang digunakan Nusantara sendiri memiliki standar luar negeri dan beberapa diantaranya bekerja sama dengan Scania. Kelas bus yang ditawarkan PO Nusantara yakni Super Executive, Executive, VIP, Patas dan Ekonomi. Saat ini Nusantara sendiri memiliki 75 bus dan melayani 164 rute.