400 Spot WiFi Gratis “Google Station” Telah Terpasang di India

WiFi gratis hadir di 400 stasiun India (Fortune)

Proyek Google yang menghadirkan layanan WiFi gratis di stasiun India kini mencapai puncak dalam sejarahnya. Saat ini Google sudah mengaktifkan 400 WiFi gratisnya di seluruh stasiun kereta api India.

Baca juga: Setelah India, Google Station Siap Tebar Free WiFi Gratis di Indonesia

KabarPenumpang.com melansir dari laman fortune.com (7/6/2018), raksasa pencarian itu mengatakan, pada Kamis lalu bahwa proyek Google Stasion yang mereka pasang telah diaktifkan seluruhnya sebanyak 400 WiFi gratis ke publik. Hal ini membuat lebih dari delapan juta orang mengakses internet setiap bulannya melalui proyek milik Google tersebut.

Sebelumnya proyek Google Stasion ini sendiri diumumkan 2015 lalu dan mulai pengerjaan awal pada 2016. Proyek ini sendiri sebenarnya merupakan cara untuk membantu meningkatkan infrastruktur nirkabel di India yang mana banyak orang tidak memiliki konektivitas internet stabil.

Tak hanya itu, hadirnya Google Stasion juga untuk mengembangkan raksasa pencarian tersebut sehingga bisa membantu dalam bisnis periklanan online. Sebab dengan hadirnya WiFi gratis akan semakin banyak orang mengakses Google di India.

Google menghadirkan proyek ini tidak sendiri tetapi internet bisa hadir ke ratusan stasiun berbeda di India karena bermitra dengan perushaan telekomunikasi Indian RailTel dan layanan kereta api negara tersebut yakni Indian Railways. Tak hanya India, pada Agustus 2017 lalu, Google juga sempat mengatakan akan membawa proyek Google Stasion Internet ke Indonesia melalui bantuan penyedia broadband Indonesia FiberStar dan CBN.

Meski begitu, Google juga mengembangkan proyek tersebut yang mulai beroperasi di Meksiko dan juga berencana ke negara lainnya. Diketahui, Facebook juga memiliki inisiatif yang sama dengan Google untuk menghadirkan internet ke lebih banyak tempat di India.

Baca juga: Di India, Layanan WiFi Gratis di Kereta Juga Dapat Dinikmati oleh Warga Sekitar

Raksasa jejaring sosial ini bermitra dengan perusahaan telekomunikasi India lainnya yakni India Bharti Aritel untu proyek WiFi ekspresnya. Dengan adanya ini, akan hadir 20 ribu titik akses internet yang dipasang di berbagai lokasi seluruh negeri.

Proyek WiFi ekspres sendiri pada dasarnya merupakan program Free Basics yang di buat Facebook sebelumnya. Namun karena dianggap ilegal dalam regulator India maka hanya diizinkan untuk situs web tertentu.