11 Kasus Misterius Dalam Dunia Penerbangan

Sebagai salah satu alat transportasi yang menjadi andalan untuk menghubungkan berbagai Negara, bukan berarti pesawat terbang tidak memiliki kisah kelam. Di balik mewahnya fasilitas yang ditawarkan oleh pihak penerbangan, ada saja kekurangan yang menyebabkan kejadian tersebut menjadi misteri. Diantaranya bahkan ada yang belum terpecahkan hingga kini. Ada banyak faktor yang menyebabkan kejadian seperti ini belum terungkap, seperti campur tangan makhluk asing hingga lokasi yang memiliki medan magnet tinggi. Berikut adalah 11 kasus dalam dunia penerbangan yang hingga kini masih menjadi misteri.

Hilangnya Pesawat di Sekitaran Segitiga Bermuda

Sumber: cdn.history.com
Sumber: cdn.history.com

Siapa yang tidak mengenal Segitiga Bermuda? Lokasi yang masyur sebagai lokasi hilangnya pesawat ini selalu menyimpan cerita misteri. Bagaimana tidak, setiap pesawat yang melintasi daerah ini akan hilang tak berbekas bak terhisap oleh suatu pusaran yang amat kuat. Salah satu kisahnya yang terkenal adalah hilangnya Flight 19 pada masa perang dunia II. Pihak Amerika Serikat pada masa itu mengirimkan 5 torpedo untuk kebutuhan perang dan melintasi daerah segitiga Bermuda, namun 14 kru pesawat tersebut hilang secara misterius. Lebih anehnya lagi, ketika pihak Amerika mengirimkan regu penyelamat untuk mencari dan menyelamatkan kru pesawat yang hilang tersebut, mereka juga hilang seolah menyusul teman-teman yang sudah mendahului mereka.

EgyptAir Flight 990

puing Egyptian Airlines. Sumber: assets.natgeotv.com
puing Egyptian Airlines. Sumber: assets.natgeotv.com

Pada awalnya, pesawat EgyptAir Boeing 767 yang bertolak dari Los Angeles berjalan biasa saja. Namun, kejadian yang terjadi pada tahun 1999 ini berubah menjadi menyeramkan ketika pesawat tersebut mengalami kecelakaan di Samudera Atlantik. Sepintas, ini seperti kecelakaan pada umumnya, tapi ada yang janggal pada kejadian nahas tersebut. Beberapa saat sebelum kecelakaan yang menewaskan sedikitnya 217 awak dan penumpang maskapai tersebut, kata –kata terakhir yang terekam dari sang pilot adalah, “Aku mengandalkan Tuhan.” Kata- kata tersebut lalu membantah spekulasi yang beredar soal kegagalan mesin saat berkendara. Muncullah spekulasi baru tentang adanya konspirasi CIA, Mossad, dan kaum pemberontak Mesir. Sejak kejadian itu, jalur penerbangan menuju Los Angelespun ditutup, dan kasus ini masih menjadi misteri.

Kecelakaan Amelia Earhart

Foto Amelia Earhart. Sumber: abc.es
Foto Amelia Earhart. Sumber: abc.es

Nama Amelia Earhart patut masuk ke dalam daftar kecelakaan pesawat yang masih menjadi misteri karena penyebab dari kecelakaan ini masih menjadi misteri. Bagaimana tidak, Amelia yang sedang melakukan perjalanan keliling dunia harus mengurungkan niatnya karena kecelakaan yang ia alami bersama dengan pesawat Lockheed Electra yang ia kendalikan. Ada beberapa isu yang mengatakan penyebab kecelakaan pada tahun 1937 itu, seperti Amelia yang meninggalkan pesawatnya dan terjun ke laut hingga ia meninggal. Isu lain mengatakan bahwa Amelia dieksekusi oleh pemerintahan Jepang, hingga Amelia yang menghabiskan masa hidupnya di daerah New Jersey dengan nama samaran.

Kecelakaan Helios Airways Flight 522

Sumber: deicinginnovations.com
Sumber: deicinginnovations.com

Kecelakaan yang menewaskan seluruh awak kapal dan penumpangnya itu terjadi di jalur penerbangan Siprus dan Yunani. Kejadian yang terjadi pada tahun 2005 ini terjadi setelah pesawat nahas itu berbelok dari jalur yang sudah ditentukan. Ketika pihak menara pengawas mencoba untuk menghubungi, pihak pesawat selalu mengabaikan panggilan tersebut hinggan 19 kali percobaan. Betapa mengejutkannya ketika 2 pesawat F-16 yang mencoba untuk menghalau pergerakan pesawat tersebut melihat kursi pilot dalam keadaan kosong dan co-pilot yang berbaring tidak bergerak dengan masker oksigen yang menjuntai. Akibatnya, 117 awak dan penumpang kapal tersebut tewas setelah menghantam bukit di daerah Yunani.

Hilangnya Pesawat B47 di Laut Mediterania

Sumber: theaviationist.com
Sumber: theaviationist.com

Pesawat yang mengangkut 2 bom nuklir ini hilang secara misterius di laut Mediterania pada tahun 1956. Hingga kini tidak ada yang mengetahui penyebab hilangnya pesawat bernilai jutaan Dollar tersebut. Hilangnya kapal tersebut secara otomatis menghilangkan pula 3 awak kapal dan 2 buah bom nuklir yang berada di dalamnya. Dalam sejarah, pemerintah Amerika telah kehilangan 11 nuklir, dan menyebutnya sebagai “Broken Arrow”.

Teka-teki jatuhnya pesawat Aer Lingus Flight 712

Sumber: upload.wikimedia.org
Sumber: upload.wikimedia.org

Ada banyak asumsi tentang jatuhnya pesawat jet penumpang yang menewaskan 61 orang di dalamnya ini. Dari investigasi yang dilakukan mengerucutkan penyebab kecelakaan pesawat adalah karena korosi atau serangan burung. Tapi sebagian saksi mata menyebutkan pesawat tersebut ditembak oleh proyektil buatan Inggris. Pihak tertuduh dengan lantang menyangkal isu tersebut dan kejadian ini masih menjadi misteri.

Hilangnya Kapal Mewah Pan Am Flight 7

Sumber: jpbpa2.files.wordpress.com
Sumber: jpbpa2.files.wordpress.com

Pesawat mewah yang melayani perjalanan keliling dunia menghilang tanpa jejak pada 1957 dalam penerbangan jalur California menuju Hawaii. Kecelakaan ini menjadi misteri karena setelah 5 hari upaya pencarian, betapa anehnya ketika tim menemukan serpihan pesawat yang keluar dari rute penerbangan dan hasil otopsi penumpang yang menunjukkan adanya racun karbon monoksida.

Hilangnya Tiger Line Flight 739

Sumber: upload.wikimedia.org
Sumber: upload.wikimedia.org

Pesawat Lockheed Constellation yang memuat 96 penumpang dan 11 kru pesawat dikabarkan hilang secara misterius pada 1962. Pencarian pesawat ini digalang-galang menjadi pencarian pesawat terbesar sepanjang sejarah di Samudera Pasifik, tetapi sama sekali tidak berbuah manis. Spekulasipun mulai menyeruak, ada sumber yang menyebutkan bahwa pesawat ini dibajak hingga disabotase. Tapi semua spekulasi itu dibantah karena tidak memiliki dasar yang kuat.

D. B. Cooper

Sumber: thenortheasttoday.com
Sumber: thenortheasttoday.com

Nama D. B. Cooper menjadi terkenal setelah ia berhasil membajak Northwest Airlines Boeing 727. Tidak seperti pembajakan pada umumnya, Cooper melepaskan seluruh penumpang dengan keadaan tidak terluka sedikitpun lalu menyewa pilot untuk membawanya terbang rendah di daerah Meksiko. Di Meksiko, ia kemudian terjun menggunakan parasut dan hilang begitu saja. Tidak ada yang tahu motif dari pembajakan yang terjadi pada tahun 1971 ini. Pihak kepolisian setempat menyebarkan sketsa wajah dari Cooper namun tidak ada yang berhasil menemukannya.

Hilangnya pesawat Star Dust

Sumber: images.solopos.com
Sumber: images.solopos.com

Sudah lebih dari puluhan tahun sejak pesawat Star Dust yang menghilang sejak 1971. Banyak rumor beredar menyangktu hilangnya kapal bermuatan 11 penumpang ini, mulai dari teori mata-mata, sabotase, hingga campur tangan alien. Namun fakta mengejutkan terpampang setelah objek yang menyerupai pesawat Star Dust yang tertutup salju di pegunungan Andes. Walaupun pesawat ini sudah ditemukan, namun tidak ada yang mengetahui kenapa pesawat tersebut bisa jatuh.

Malaysia Airlines MH370

Sumber: nyoobserver.files.wordpress.com
Sumber: nyoobserver.files.wordpress.com

Dan kasus terbaru mengenai misteri hilangnya pesawat secara misterius datang dari negeri tetangga, Malaysia. Pada tahun 2014 silam, pesawat MH370 tujuan Kuala Lumpur – Beijing mendadak hilang kontak dengan menara pemantau dan hilang begitu saja di sebelah selatan Samudera Hindia. Kasus ini didaulat menjadi kasus pesawat hilang paling misterius karena pencarian dari regu penyelamat tidak membuahkan hasil setelah melakukan pencarian selama 3 tahun. Ditambah lagi dengan penemuan puing-puing pesawat yang menyerupai tubuh dari MH370 di beberapa Negara yang letaknya sangat jauh dari lokasi kejadian, seperti di yang ditemukan di Reunion Island, Perancis yang jaraknya 3.700 km dari lokasi kejadian.