10 Peraturan Lalu Lintas Unik Ini Siap Membuat Anda Kernyitkan Dahi

ilustrasi peraturan lalu lintas unik. Sumber: istimewa

Dengan lebih dari 190 negara yang tersebar di seluruh pelosok dunia, maka dapat dibayangkan ada berapa banyak peraturan di jalanan yang berlaku. Diantara semua peraturan yang berlaku tersebut, tidak sedikit negara yang memberlakukan peraturan yang bisa dibilang agak nyeleneh. Mulai dari mendahulukan hewan ternak yang melintas di tengah jalan, hingga peraturan mengenai menyipratkan air kepada pejalan kaki. Berikut KabarPenumpang.com himpun 10 negara dengan peraturan unik di jalanan versi cheatsheet.com.

Baca Juga: Ini Dia! Beberapa Rambu Lalu Lintas Yang Aneh di Singapura

Thailand
Di Negara Seribu Pagoda, ada satu peraturan unik yang berlaku untuk para pengemudi, baik bus, hingga kendaraan khas mereka, Tuk Tuk. Para pengemudi diwajibkan mengenakan kemeja dan menjaganya tetap rapih selama bertugas, terlepas dari seberapa panas suhu di sana. Walaupun di Indonesia pun para pengemudi moda TransJakarta, Commuter Line, hingga taksi mengenakan kemeja, namun yang mereka kenakan adalah seragam, berbeda dengan Thailand dimana kemeja yang mereka gunakan bukanlah berupa seragam.

Afrika Selatan
Untuk negara yang memiliki perbandingan 1 mobil per 5 warganya ini, Afrika Selatan bisa dibilang memiliki peraturan lalu lintas yang menyangkut soal kelestarian faunanya. Setiap pengemudi kendaraan di jalan umum harus menghentikan kendaraan yang mereka kemudikan dan mendahulukan seorang gembala yang hendak melintas. Tidak tanggung-tanggung, para pengemudi akan dikenakan denda apabila tidak mematuhi peraturan tersebut.

Jepang
Negara yang terkenal dengan industri film kartunnya ini memiliki peraturan yang akan membuat Anda mengernyitkan dahi, dimana setiap pengemudi kendaran bermotor yang menyipratkan genangan air di jalanan, baik disengaja maupun tidak, akan dikenakan hukuman karena tindakan tersebut dianggap ilegal.

Filipina
Peraturan mengemudi di Filipina, khususnya di Manila, bisa dibilang mirip dengan sistem ganjil genap yang berlaku di Jakarta, yaitu ketentuan mengemudi di hari-hari tertentu, sesuai dengan angka terakhir di plat nomor mereka.

Amerika Serikat
Negara Paman Sam memiliki beberapa peraturan yang unik, seperti yang berlaku di Montana. Para pengemudi tidak boleh membawa serta seekor kambing ke dalam kursi penumpang di dalam sebuah truk, kecuali iamembawa serta seorang pendamping. Beda halnya dengan yang berlaku di Alabama ketika seorang pengemudi dilarang menggunakan penutup mata sat berkendara. Ya, mungkin tidak ada orang yang akan melakukan tindakan bodoh seperti itu, kecuali mereka seorang mentalis yang tengah melakukan sebuah pertunjukan. Sementara di New Jersey, setiap pengemudi diwajibkan untuk membunyikan klakson mereka sebelum mereka hendak melintas. Peraturan tersebut sedikit banyaknya akan membingungkan pengguna jalan, karena tidak ada yang tahu apakah tujuan dari membunyikan klakson tersebut, entah mereka menjalankan peraturan yang berlaku atau untuk memperingatkan seseorang di jalanan.

Rusia
Peraturan yang berlaku di Negara Beruang Merah ini menyangkut soal kebersihan, dimana setiap pengemudi yang ketahuan berkendara dengan kendaraan yang kotor, baik di dalam maupun di luar, akan dikenakan denda. Peraturan unik ini sempat menuai kontroversi mengingat tindakan mencuci kendaran di pekarangan rumah dan di tempat pencucian kendaraan merupakan tindakan ilegal. Selain itu, ada juga peraturan yang mengatur soal penyimpanan plat nomor kendaraan di tempat yang terlihat ketika musim salju.

Jerman
Hampir serupa dengan yang berlaku di Indonesia, di Jerman, berhenti di sepanjang Autobahn (jalan tol di Jerman) merupakan tindakan yang dianggap melanggar hukum, bahkan untuk kasus kehabisan bahan bakar. Peraturan tersebut dibua karena berhenti di sepanjang jalan tol merupakan tindakan yang dapat membahayakan pengguna jalan lain.

Spanyol
Bagi Anda yang menggunakan kacamata karena mengidap masalah pada penglihatan, maka pastikan untuk membawa kacamata cadangan selama perjalanan. Jangan heran jika pihak yang berwajib memberikan tilang kepada pengemudi yang tidak membawa kacamata cadangan tersebut.

Baca Juga: Mulai Alergi Kacang Hingga Abu Jenazah, Inilah Deretan Peraturan Unik di Maskapai

Prancis
Otoritas di Prancis mewajibkan setiap pengemudi untuk membawa alat Breathalyzer yang sudah tidak terpakai di kendaraan mereka. Ternyata, alat ini dapat membantu setiap orang yang sering mengalami mabuk selama perjalanan.

Siprus
Di negara ini, Anda akan dikenakan tilang ketika mengangkat tangan dari kemudi. Selain itu, makan dan minum selama berkendara juga merupakan tindakan ilegal. Peraturan ini dirancang karena tingginya tingkat kecelakaan yang terjadi di negara yang bentuk benderanya diambil dari bentuk geografis negara berbentuk pulau tersebut.