Friday, October 25, 2024
HomeAnalisa AngkutanStarlink Sukses Uji Layanan WiFi Starlink di Boeing 777 Qatar Airways, Akses...

Starlink Sukses Uji Layanan WiFi Starlink di Boeing 777 Qatar Airways, Akses Gratis Buat Penumpang di 2025

Starlink menyediakan akses layanan WiFi di pesawat komersial Boeing 777 untuk pertama kalinya pada 22 Oktober 2024, yakni dalam penerbangan Qatar Airways dari ibu kota Qatar, Doha, ke London.

Baca juga: Gandeng Internet Satelit Starlink, Maskapai Ini Tawarkan Penumpang Gratis Nonton Netflix Selama Penerbangan

“Boeing 777 adalah pesawat penumpang terbesar dan dengan jangkauan terjauh yang dilengkapi dengan akses Starlink hingga saat ini,” kata perwakilan SpaceX dalam pernyataan melalui email kepada media.

Qatar Airways menandai tonggak sejarah tersebut dengan siaran pers yang dikirimkan ke Bumi selama penerbangan menggunakan Starlink. Menurut siaran pers tersebut, maskapai tersebut akan melengkapi seluruh armada Boeing 777-nya dengan layanan Starlink — yang akan gratis bagi penumpang pada tahun 2025.

Qatar Airways juga mengunggah di YouTube panggilan video yang dilakukan CEO-nya, Badr Mohammed Al Meer, dengan pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk selama penerbangan, sekali lagi menggunakan layanan Starlink.

Maskapai yang berkantor pusat di Doha tersebut bukan satu-satunya maskapai yang telah menandatangani kontrak layanan Starlink: SpaceX juga telah menandatangani kesepakatan dengan United Airlines, Hawaiian Airlines, dan airBaltic, antara lain.

SpaceX saat ini mengoperasikan lebih dari 6.400 satelit Starlink di orbit Bumi rendah. Itu jumlah yang mengesankan, tetapi jumlahnya pasti akan terus bertambah; megakonstelasi itu akhirnya bisa membengkak hingga sekitar 40.000.

“Ini adalah jumlah minimum, dan akan semakin baik dari sini,” kata Musk selama panggilan video hari Senin dengan Al Meer.

Hawaiian Airlines Hadirkan Inflight WiFi Internet Satelit Starlink SpaceX, Jadi Maskapai Besar Pertama di Dunia

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru