Saturday, October 26, 2024
HomeDaratDipuji Dunia, KAI Wisata Segera Operasikan Dining on Train: Gandeng Chef Kenamaan

Dipuji Dunia, KAI Wisata Segera Operasikan Dining on Train: Gandeng Chef Kenamaan

Layanan kereta Dining on Train di gerbong kereta retro dalam waktu dekat akan dibuka untuk umum. Hal itu disampaikan langsung Direktur Utama KAI Wisata, Hendy Helmi, dalam sambutan perayaan Momen 15timewa di Kereta Luar Biasa rute Gambir-Sukabumi, Rabu (11/9/2024).

Baca juga: Demi Gaet Wisman, KAI Wisata Promosikan Kereta Wisata di Malaysia

Sebagai informasi, Kereta Dining on Train atau makan mewah di atas kereta di bekas kereta Retro adalah inovasi terbaru dari KAI Wisata. Sampai saat ini, kereta Dining on Train baru empat kali digunakan, salah satunya adalah menyambut delegasi ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs’ Conference) ke-44 di Bandung beberapa waktu lalu.

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, mengungkapkan bahwa kala itu para tamu undangan dibuat takjub dengan suasana di dalam kereta. “Para CEO (kereta di ASEAN) kaget, keretanya sudah seperti di Eropa,” ujarnya. Selain itu, kebersihan dan keramahan juga menjadi poin penting yang disorot para tamu undangan.

Saat ini, KAI Wisata sedang mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari harga tiket, rute, rangkaian kereta fine dining itu sendiri, menu, sampai target market yang ingin dicapai.

Bila tak ada aral melintang, beberapa bulan mendatang, kereta Dining on Train KAI Wisata akan dibuka untuk umum. “Mungkin dalam bulan-bulan depan,” jelas Hendy.

Andai tak ada perubahan, tiket layanan Dining on Train akan dijual seharga sekitar Rp 1 jutaan dengan kapasitas 16 kursi di setiap gerbong.

Harga tersebut dirasa cocok dengan suguhan set up peralatan, appetizer, main course, dan dessert dari chef layaknya restoran bintang lima, ditambah pelayanan maksimal dari prama-prami berjas dan seragam khusus. Terlebih apabila chef yang dikerahkan adalah chef kenamaan. Rencana menggandeng chef kenamaan sedang dipertimbangkan secara matang.

Target pasarnya sendiri adalah para pebisnis yang ingin memfokuskan obrolan bisnisnya tanpa terganggu.

Baca juga: Peringati Hari Pelanggan, KAI Wisata Bawa Rombongan ASEAN Railway CEOs’ Naik Kereta Wisata

Meski begitu, waktu perjalanan diatur agar tak terlalu lama dan terlalu singkat, sekitar tiga jam perjalanan, seperti rute Gambir-Cirebon atau Gambir-Bandung. Kereta Dining on Train juga bisa disewa oleh masyarakat untuk agenda-agenda tertentu.

Mengingat ini adalah inovasi terbaru, jumlah kereta Dining on Train KAI Wisata saat ini hanya ada satu unit. Cukup jauh tertinggal jumlahnya dibanding kereta Panoramic berjumlah enam unit, Priority 12 unit, Kereta Wisata Tematik (Nusantara, Jawa, Bali, Sumatera) masing-masing satu unit, dan Imperial tiga unit.

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru