Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa AngkutanMulai 1 September 2024, Bandara Dublin Mulai Hapus Pembatasan Cairan 100 ml...

Mulai 1 September 2024, Bandara Dublin Mulai Hapus Pembatasan Cairan 100 ml di Bagasi Kabin

Pelancong yang bepergian ke luar negeri dalam beberapa minggu mendatang telah diperingatkan tentang aturan bagasi kabin baru di seluruh Uni Eropa yang akan mulai berlaku pada akhir bulan ini.

Baca juga: Horee, Mulai 2024 Penumpang Bisa Bawa Cairan Hingga 2 Liter ke Dalam Kabin Pesawat

Bila Anda pernah bepergian dengan pesawat dalam dua dekade terakhir, Anda tentu mengetahui bahwa penumpang tidak diperbolehkan membawa wadah cairan yang lebih besar dari 100 ml di bagasi kabin, dan semua cairan harus dimasukkan ke dalam satu tas kecil saat melewati pemeriksaan keamanan.

Aturan tersebut diperkenalkan pada tahun 2006 setelah pihak berwenang mengungkap rencana teroris untuk meledakkan bahan peledak cair yang disamarkan sebagai minuman ringan pada sejumlah penerbangan Transatlantik.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir sejumlah bandara telah membatalkan aturan ini berkat peningkatan teknologi pemindaian cairan. Jika Anda baru-baru ini bepergian dari Dublin atau Shannon, Anda mungkin pernah melihat mesin ini beraksi. Bandara Dublin di Irlandia berencana untuk memperkenalkan pemindai ini sebagai bagian dari proyek lantai mezzanine baru yang akan selesai pada tahun 2025.

Dikutip corkbeo.ie, pemindai ini memungkinkan penumpang membawa cairan dalam ukuran apa pun di dalam koper mereka tanpa harus mengeluarkannya, serta barang elektronik yang sebelumnya juga harus dikeluarkan dari tas mereka. Namun, karena ketidakkonsistenan teknologi di seluruh Uni Eropa (UE), sebagian besar bandara masih mematuhi aturan lama untuk masa mendatang.

Sampai ada lebih banyak konsistensi dalam teknologi di seluruh bandara UE, mulai 1 September pedoman untuk membawa cairan di pesawat akan kembali ke standar universal 100 ml. Mulai 1 September dan seterusnya, aturan 100 ml yang sudah dikenal akan diberlakukan kembali untuk semua penumpang dan ini dapat diubah di masa mendatang ketika standarisasi yang lebih baik telah ditetapkan.

Bagi sebagian, jika tidak sebagian besar, bandara ini berarti tidak ada perubahan sama sekali karena mereka selalu mempertahankan aturan 100 ml. Beberapa bandara yang memiliki pemindai canggih kini telah memperbarui kebijakan mereka untuk mengingatkan pelanggan bahwa mulai tanggal 1 September, aturan 100 ml akan kembali berlaku.

Wadah cairan yang lebih besar dari 100 ml harus ditempatkan di bagasi terdaftar. Tidak ada batasan yang ditetapkan untuk cairan di bagasi terdaftar, tetapi pastikan semua cairan diamankan dengan benar untuk menghindari kebocoran atau kerusakan.

Tips Lolos dari Aturan Batas Cairan Maksimal 100 Ml ke Kabin Pesawat, Cukup Pakai Kertas!

UniUni

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru