Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa Angkutan"Dari Roma ke Jakarta", Paus Fransiskus Gunakan Airbus A330neo ITA Airways dalam...

“Dari Roma ke Jakarta”, Paus Fransiskus Gunakan Airbus A330neo ITA Airways dalam Perjalanan Apostolik

Maskapai nasional Italia ITA Airways akan menerbangkan Paus Fransiskus ke Indonesia untuk memulai Perjalanan Apostoliknya selama 12 hari. Pada tanggal 2 September, Paus akan terbang dari Roma ke Jakarta dengan pesawat A330neo ITA sebelum kunjungan ke Papua Nugini, Timor-Leste, dan Singapura.

Baca juga:Ada Keunikan Dibalik Penerbangan Paus ke Seluruh Dunia

Menurut rilis dari ITA Airways, Paus Fransiskus akan berangkat dari Terminal 5 Bandara Fiumicino Roma (FCO) pukul 17:15 waktu setempat pada tanggal 2 September, dan rencananya mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) Jakarta pukul 11:30 waktu setempat keesokan harinya.

Pesawat yang dipilih untuk misi khusus tersebut adalah Airbus A330neo ITA, dan akan diawaki oleh tiga pilot dan sepuluh pramugari. Komandan Massimiliano Marselli akan menjadi pengawas penerbangan, bersama dengan tim penerbangan khusus ITA Airways. A330neo akan beroperasi dengan pengurangan bahan bakar dan emisi sebesar 20% dibandingkan dengan A330 generasi sebelumnya, yang memaksimalkan efisiensi operasional, termasuk penggunaan bahan bakar penerbangan berkelanjutan (SAF).

Mengenai Paus, ia akan didampingi oleh Rombongan Kepausan dan anggota pers internasional. Ini bukan pertama kalinya ia terbang dengan ITA A330neo, setelah menerbangkan salah satu pesawat berbadan lebar saat mengunjungi Dubai untuk konferensi iklim COP28 pada bulan Desember. Sebuah delegasi akan menyambutnya di dalam A330neo, termasuk Ketua ITA Airways Antonino Turicchi, Manajer Umum Andrea Benassi, dan Kepala Komersial ITA dan CEO Volare Emiliana Limosani.

Perjalanan Apostolik
Paus Fransiskus akan mengunjungi empat negara selama Perjalanan Apostoliknya bulan depan. Faktanya, lawatan selama 12 hari tersebut akan menjadi lawatan terpanjang selama masa kepausannya.Berikut jadwal latawan Paus Fransiskus:

Jakarta, Indonesia: 3-6 September 2024
Port Moresby dan Vanimo, Papua Nugini: 6-9 September 2024
Dili, Timor-Leste: 9-11 September 2024
Singapura: 11-13 September 2024

Setelah membatalkan perjalanan yang direncanakan ke Papua Nugini dan Timor-Leste selama pandemi, kunjungan Paus akan menjadi yang pertama ke Oseania dan kunjungan Paus pertama dalam hampir 30 tahun – mayoritas penduduk Timor-Leste beragama Kristen, sementara Papua Nugini juga memiliki populasi Kristen yang cukup besar, sekitar 26%.

Paus cenderung bepergian dengan maskapai penerbangan nasional setiap negara yang dikunjunginya (jika berlaku), menjadikan Garuda Indonesia, Air Nuigini, dan Singapore Airlines sebagai kandidat yang mungkin selama lawatannya ke Asia.

Fisker Kembangkan Mobil Listrik Khusus Paus Fransiskus di Vatikan

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru