Saturday, October 26, 2024
HomeHot NewsCRRC Qishuya Kirim Lokomotif Bertenaga Hidrogen 'Ramah Lingkungan' ke Chili

CRRC Qishuya Kirim Lokomotif Bertenaga Hidrogen ‘Ramah Lingkungan’ ke Chili

CRRC Qishuya, salah satu divisi dari China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC), yang merupakan produsen terbesar kereta api dan rolling stock di dunia, diwartakan telah mengirim lokomotif bertenaga hidrogen anak perusahaan transportasi Ferrocarril de Antofagasta (FCAB) milik perusahaan pertambangan Antofagasta yang menghubungkan pelabuhan laut Chili ke Bolivia di Amerika Selatan.

Baca juga: Lebih Ramah Lingkungan, KAI Akan Beralih dari Bahan Bakar B35 ke B40 untuk Performa Mesin Lokomotif

Satu unit lokomotif dipesan pada bulan November 2022, dirancang agar tahan terhadap kondisi lokal seperti radiasi UV ekstrem, kabut garam, badai pasir, lereng curam, dan tikungan tajam. Lokomotif ini dilengkapi dengan blok baterai traksi berkapasitas tinggi dan sistem penyimpanan hidrogen di bawah tekanan 35 MPa. Peringkat dayanya adalah 1 MW.

Fitur keselamatan meliputi sistem deteksi gas dan pemutus pasokan otomatis jika terjadi kebocoran bahan bakar. Lokomotif ini akan menggunakan hidrogen hijau. FCAB mengatakan bahwa lokomotif ini akan memiliki kemampuan traksi yang sama dengan tipe lokomotif diesel yang ada.

Lokomotif ini diharapkan mulai beroperasi pada paruh kedua tahun 2024. Lokomotif tersebut akan menggunakan tenaga hidrogen hijau. FCAB mengatakan lokomotif tersebut akan memiliki kemampuan traksi yang sama dengan lokomotif diesel yang ada, yang dapat dikonversi menjadi bahan bakar hidrogen.

Fitur keselamatan akan mencakup sistem deteksi gas dan pemutus pasokan otomatis jika terjadi kebocoran kecil. Pembelian lokomotif ini diumumkan pada tanggal 23 November 2022, dan merupakan bagian dari strategi iklim FCAB, yang mencakup tujuan untuk mengurangi emisi CO2 sebesar 30% pada tahun 2025.

CRRC Qishuya seperti divisi lainnya dari China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC), memiliki kantor pusat di kota-kota tertentu di Cina. Secara umum, CRRC memiliki beberapa basis operasi dan pabrik di berbagai wilayah di Cina untuk mendukung produksi dan pengembangan peralatan transportasi rel.

CRRC Qishuya secara khusus berbasis di kota Zhuzhou, yang terletak di Provinsi Hunan. Zhuzhou dikenal sebagai salah satu pusat industri dan teknologi utama di Tiongkok, khususnya dalam bidang manufaktur rolling stock dan peralatan rel.

Train to the Clouds, Lintasan Kereta Kelima Tertinggi di Dunia

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru