Saturday, October 26, 2024
HomeDestinasiKabar Gembira, Tidak ada Syarat Saldo Tabungan Minimal untuk Buat Visa Korea

Kabar Gembira, Tidak ada Syarat Saldo Tabungan Minimal untuk Buat Visa Korea

Korea Selatan adalah salah satu negara yang digandrungi para pelancong dari Indonesia. Kini, otoritas Negeri Ginseng mempermudah kedatangan turis Indonesia ke Korea Selatan.

Baca juga: Biaya Pengajuan Visa Setiap Negara Kerap Berbeda Jauh, Ini Sebabnya!

“Kami mempermudah dokumen persyaratan visa Korea dengan membebaskan lampiran dokumen keuangan saat mengajukan permohonan aplikasi visa multiple entry,” kata Lee Sungyong, Konsulat Visit Kedutaan Besar Republik Korea, seperti dikutip dari Kompas.com (11/7/2024).

Namun demikian, pemohon visa Korea harus tetap melampirkan rekening koran atau dokumen keuangannya, tetapi saldo tabungannya tidak menjadi syarat utama dalam penerbitan visa Korea.

“Tujuannya hanya untuk melihat aktivitas keuangan. Tidak ada minimal uang tabungan untuk mengajukan aplikasi permohonan visa,” ujar Sungyong dalam acara Hallyu Tourism Festival di Lotte Mall Kuningan, Jakarta Selatan.

“Jadi (jumlah uangnya) kurang atau sedikit, bukan berarti visanya akan ditolak,” tambah Sungyong. Visa multiple entry Korea Menurut data yang disampaikan Sungyong, ada lebih dari 100.000 aplikasi permohonan visa Korea Selatan di Indonesia setiap tahun. Visa multiple entry yang dibebaskan dari syarat minimum tabungan, berlaku selama lima tahun untuk bolak-balik Korea Selatan dengan masa izin tinggal selama 30 hari dalam setiap kunjungan.

Khusus pemohon dengan persyaratan tentu, bisa mendapatkan visa multiple entry dengan masa berlaku 10 tahun. Ada 22 subyek pemohon visa multiple entry Korea Selatan, di antaranya dosen, Pegawai Negeri Sipil (PNS), guru, orang yang bekerja di institusi media, dan pimpinan perusahaan.

Saldo tabungan dapat memainkan peran penting dalam proses pengajuan visa, terutama ketika berkaitan dengan visa yang memerlukan bukti kemampuan finansial untuk mendukung diri sendiri selama tinggal di negara tujuan. Pemohon visa biasanya diminta untuk menyertakan pernyataan bank terbaru (misalnya, 3-6 bulan terakhir) sebagai bukti saldo tabungan mereka. Pernyataan ini membantu petugas imigrasi menilai apakah pemohon memiliki dana yang cukup untuk menutupi biaya hidup, pendidikan, atau kebutuhan lainnya selama berada di negara tujuan.

Untuk visa wisata, pemohon perlu menunjukkan bahwa mereka memiliki cukup dana untuk menutupi biaya perjalanan, akomodasi, dan kebutuhan selama tinggal di negara tujuan. aldo tabungan yang memadai membantu memastikan bahwa pemohon tidak akan menjadi beban keuangan bagi negara tujuan.

Khusus ke Pulau Jeju, Bertandang ke Korea Selatan Memang Tak Perlu Visa

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru