Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa AngkutanKereta Kargo ASEAN Express Sukses Hubungkan Malaysia, Thailand, Laos dan Cina, Biaya...

Kereta Kargo ASEAN Express Sukses Hubungkan Malaysia, Thailand, Laos dan Cina, Biaya Logistik Turun 30 Persen

Kereta kargo ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) Express, yang menghubungkan Malaysia, Thailand, Laos, dan Tiongkok, kembali ke Malaysia pada hari Kamis setelah perjalanan 14 hari ke Chongqing, Cina menandai perjalanan pertamanya yang telah selesai. Kereta yang membawa 20 gerbong kontainer berukuran 40 meter ini memulai perjalanannya pada 27 Juni 2024.

Baca juga: Mercitalia Fast, Kereta Kargo Berkecepatan Tinggi Asal Negeri Pizza

“Ini merupakan perjalanan masuk pertama; kami berharap akan ada lebih banyak perjalanan antar negara,” kata Chief Operating Officer Keretapi Tanah Melayu Bh (KTMB) Mohd Zain Mat Taha seperti dikutip surat kabar Malaysia The Star. Ia mencatat, perjalanan satu arah memakan waktu sekitar sembilan hari dan melintasi Thailand, Laos, dan Cina.

Jadwal kereta kargo berikutnya dan frekuensinya belum dapat dikonfirmasi. Namun, kepala perencanaan perusahaan KTMB Abdul Salim Shah Abdul Aziz mengatakan bahwa mereka saat ini memperkirakan dua hingga tiga perjalanan dalam sebulan.

ASEAN Express diharapkan dapat meningkatkan konektivitas perdagangan antara Malaysia, Thailand, Laos, dan Cina, karena moda transportasi ini lebih cepat, yaitu membutuhkan waktu sembilan hari untuk barang sampai ke Cina, dibandingkan dengan 14 dan 21 hari melalui jalur laut.

Layanan kereta kargo yang baru diluncurkan yang menghubungkan Malaysia, Thailand, Laos, dan Tiongkok diharapkan dapat membuka pasar baru di wilayah tersebut dan menurunkan biaya bagi bisnis dan masyarakat lokal.

ASEAN Express pertama berangkat dari depo pedalaman Kelana Jaya di negara bagian Selangor Malaysia pada tanggal 27 Juni di hadapan perwakilan dari empat negara.

Kereta ini tiba di tujuannya di Chongqing, Cina pada Kamis (11 Juli) dengan muatan peralatan elektronik dan produk pertanian. Kereta lain yang berangkat dari Chongqing juga tiba di Selangor minggu ini.

Pakar industri memperkirakan bahwa opsi logistik baru ini akan memacu industri manufaktur kereta api dan menurunkan biaya logistik hingga 30 persen. Beberapa petani durian sudah berencana mengekspor varietas durian Musang King melalui kereta api ke Cina pada akhir tahun ini, setelah pemerintah Cina pada bulan lalu menyetujui untuk mengizinkan impor durian segar dari Malaysia.

Bantu E-Commerce, Kereta Api Cina Kembangkan Jaringan Kargo Berkecepatan Tinggi

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru