Saturday, October 26, 2024
HomeHot NewsSingapore Airlines Terima Unit Ke-1.000 Boeing 787 Dreamliner

Singapore Airlines Terima Unit Ke-1.000 Boeing 787 Dreamliner

Sejak terbang perdana pada 15 Desember 2009, sampai saat ini sudah 1.000 unit Boeing 787 Dreamliner berhasil diproduksi. Dan unit ke-1.000 Dreamliner belum lama ini diserahkan pada maskapai Singapore Airlines, sekaligus menjadi unit kedelapan Boeing 787 yang dioperasikan maskapai asal Negeri Pulau tersebut.

Baca juga: Byee Airbus, Arab Saudi Pesan 121 Pesawat Boeing 787 Dreamliner untuk Saudia dan Riyadh Air

Dikutip dari SimpleFlying.com, pada 29 Oktober 2023, menjadi hari besar bagi Singapore Airlines dan Boeing, yakni satu unit Boeing 787-10 (unit ke-1.000 unit) diterbangkan dari Charleston ke Singapura melalui Nagoya, Jepang. Pesawat tersebut diidentifikasi dengan nomer registrasi 9V-SCP dan nomer seri pabrik 60266.

Menurut Aviation Flights, pesawat ini bukanlah pesawat baru, meskipun Singapore Airlines adalah operator pertamanya. Pasalnya, pesawat tersebut melakukan penerbangan pertamanya pada April 2020. Dengan demikian, saat pesawat itu diserahkan kepada Singapore Airlines, usia pesawat tersebut sudah kurang lebih tiga setengah tahun.

Boeing 787-10 milik Singapore Airlines. Sumber: FlightGlobal

Uji terbang kedua dilakukan pada Juli 2021 sebelum 787-10 diterbangkan ke Kelly Field di San Antonio, Texas untuk penyimpanan jangka panjang pada Agustus 2021.

Pesawat tersebut akan keluar dari penyimpanan pada Februari 2023 dan melakukan empat penerbangan uji lagi sebelum dikirim pada Oktober 2023 melintasi Samudra Pasifik. Sebelum pengirimannya, Aviation Flights melaporkan bahwa pesawat tersebut telah menjalani uji terbang selama 15 jam 15 menit.

Mengenai pengiriman ke Singapore Airlines, pesawat berangkat dari fasilitas Boeing di Charleston (CHS) pada 28 Oktober pukul 13:50.

Dengan nomor jalur 1000, 9V-SCP jelas merupakan Dreamliner ke-1000 yang dibuat. Di luar kode registrasi, pengamat pesawat dan penumpang SIA akan dapat mengenali pesawat khusus ini karena terdapat stiker khusus “1000th 787 Dreamliner” di antara jendela kokpit dan pintu pertama. Hitungan tersebut mencakup semua varian Dreamliner, termasuk -8 dan -9.

Ini merupakan tonggak sejarah besar bagi Boeing, produsen pesawat yang telah meraih kesuksesan besar di seluruh dunia dengan pesawat berbadan lebar generasi berikutnya. Dreamliner pertama diselesaikan pada tahun 2007 sebagai 787-8 dengan launch customer All Nippon Airways (ANA).

Boeing 787 disebut “Dreamliner” karena nama tersebut dipilih dalam kontes yang melibatkan staf Boeing, pemasok, dan mitra yang terlibat dalam pengembangan pesawat ini, serta masyarakat umum. Nama “Dreamliner” dipilih sebagai simbol untuk menggambarkan visi Boeing tentang masa depan penerbangan komersial yang lebih baik dan lebih inovatif.

Nama “Dreamliner” mencerminkan tujuan Boeing untuk menciptakan pesawat yang memberikan pengalaman penerbangan yang nyaman, efisien, dan canggih. Pesawat ini dirancang untuk memberikan perubahan signifikan dalam hal kinerja bahan bakar, jarak terbang, kenyamanan penumpang, dan pengoperasian bagi maskapai penerbangan.

Baca juga: Boeing 787 Terbaru El Al Dikirim Menggunakan Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan

Selain itu, nama “Dreamliner” juga mencerminkan harapan dan mimpi perjalanan penumpang di seluruh dunia untuk menjelajahi destinasi baru dan pengalaman penerbangan yang mempesona. Nama ini menggambarkan visi Boeing dalam menciptakan pesawat yang akan menjadikan impian penerbangan menjadi kenyataan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru