Saturday, October 26, 2024
HomeBandaraSerba-serbi "Follow Me" Car di Bandara, Bukan Sekedar Pemandu Pesawat

Serba-serbi “Follow Me” Car di Bandara, Bukan Sekedar Pemandu Pesawat

Di antara kendaraan yang kerap wara-wiri di area apron dan tarmac, terdapat apa yang sering disebut sebagai “follow me”. Namun, tahukah Anda peran sejati dari kendaraan ini? Mobil “follow me” biasanya digunakan untuk mengarahkan pesawat menuju atau keluar dari landasan pacu dan area apron bandara.

Baca juga: Tak Hanya Tabrak Tiang, Pesawat Juga Saling Bertabrakan di Apron dan Landas Pacu 

Kendaraan ini membantu pilot dengan navigasi di area yang padat dan kompleks, terutama pada bandara yang besar atau sibuk. Selain itu, kendaraan “follow me” membantu mencegah tabrakan antara pesawat, kendaraan ground handling and support, dan peralatan bandara lainnya. Mereka memastikan pesawat mengikuti jalur yang benar dan aman menuju landasan pacu atau gerbang penumpang.

Di bandara-bandara tertentu yang punya peran strategis, kendaraan “follow me” juga berperan dalam pengawasan keamanan di bandara, memastikan bahwa pesawat-pesawat ini tidak masuk ke area yang tidak diizinkan dan mematuhi protokol keamanan.

Di beberapa bandara besar, kendaraan “follow me” juga dapat digunakan untuk membantu pesawat tiba dan meninggalkan area penumpang, terutama ketika pesawat tidak tersambung langsung ke gedung terminal. Mereka dapat membantu penumpang dengan mobilitas terbatas untuk naik dan turun dari pesawat.

Nah, salah satu yang kerap diperlihatkan, kendaraan “follow me” dapat digunakan dalam situasi darurat untuk membantu dengan evakuasi pesawat jika diperlukan. Mereka dapat membantu memandu pesawat ke tempat yang aman dalam situasi darurat.

Kendaraan “follow me” biasanya memiliki spesifikasi khusus, seperti harus memiliki visibilitas yang baik agar petugas di dalamnya dapat melihat pesawat dan kendaraan lain di sekitarnya dengan jelas. Ini mungkin melibatkan jendela besar, kamera pengintai, atau sistem pengamatan lainnya.

Kendaraan ini sering dilengkapi dengan sistem komunikasi yang memungkinkan petugas “follow me” berkomunikasi dengan pilot pesawat. Ini bisa mencakup radio dua arah atau sistem komunikasi lain yang efektif.

Kendaraan “follow me” biasanya memiliki lampu isyarat dan tanda-tanda tangan yang digunakan oleh petugas untuk mengarahkan pesawat. Ini bisa berupa lampu sinyal, lampu merah-putih, atau sistem lain yang jelas bagi pilot.

Yang tak bisa dilupakan, kendaraan “follow me” biasanya dilengkapi dengan mesin yang cukup kuat untuk mengikuti pesawat dengan lancar, termasuk saat bergerak di landasan pacu. Mereka sering memiliki daya gerak yang cukup untuk mencapai kecepatan tertentu yang diperlukan.

Baca juga: Kenapa Pesawat Tiba-tiba Batal Lepas Landas Saat Ngebut di Runway?

Beberapa kendaraan “follow me” memiliki desain khusus yang memungkinkan mereka berfungsi dengan baik di sekitar pesawat dan di area bandara yang padat. Ini bisa mencakup tinggi kendaraan yang sesuai untuk memungkinkan petugas melihat pesawat dengan baik.

Terkadang, kendaraan “follow me” dilengkapi dengan pencahayaan tambahan yang memungkinkan mereka bekerja di malam hari atau dalam kondisi pencahayaan yang buruk.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru