Saturday, October 26, 2024
HomeDomestik"Please Straighten Your Seatback," Kalimat Rutin Awak Kabin dengan Alasan Sangat Penting

“Please Straighten Your Seatback,” Kalimat Rutin Awak Kabin dengan Alasan Sangat Penting

Tiada kata bosan bagi awak kabin untuk selalu mengingatkan dan meminta kepada penumpang untuk menegakkan sandara kursi saat pesawat take-off (lepas landas) dan landing (mendarat). Mungkin bagi para penumpang yang sering naik pesawat, akan mendengarnya sebagai ‘perintah’ yang membosankan.

Baca juga: Tolak Tegakkan Kursi, Wanita Ini Justru Beri Umpatan Kasar Ke Pramugari

Tapi jangan salah, ‘cerewetnya’ awak kabin tentu ada alasannya, dan menegakkan sandaran kursi meski terkesan sepele, tapi sangat penting dalam prosedur keselamatan penerbangan. Dan berikut ini adalah beberapa alasan mengapa penumpang diwajibkan untuk menegakkan sandaran kursi.

1. Posisi Terbaik untuk Kejadian Darurat
Dalam kejadian darurat saat take-off atau landing, posisi tegak dengan sandaran kursi yang diangkat membantu penumpang untuk berada dalam posisi yang lebih aman dan siap untuk menghadapi situasi darurat. Ini memungkinkan penumpang untuk lebih cepat keluar dari kursi mereka jika diperlukan.

2. Peningkatan Keamanan
Dengan sandaran kursi yang diangkat, penumpang memiliki dukungan tambahan untuk punggung mereka, yang dapat membantu mengurangi risiko cedera pada punggung dan leher selama fase take-off dan landing yang cenderung lebih bergejolak.

3. Meningkatkan Kemampuan Evakuasi
Dalam keadaan darurat, waktu evakuasi menjadi sangat penting. Dengan sandaran kursi yang diangkat, lorong pesawat akan lebih lebar dan memudahkan evakuasi penumpang, yang dapat menyelamatkan nyawa dalam situasi kritis.

4. Mencegah Cidera Selama Gaya G-Force
Pada saat take-off dan landing, pesawat mungkin mengalami percepatan atau perlambatan yang cepat, yang menciptakan gaya G-Force. Dengan sandaran kursi yang diangkat, penumpang dapat membatasi gerakan tubuh mereka dan mencegah cidera yang disebabkan oleh G-Force.

5. Mengikuti Peraturan Keselamatan
Menegakkan sandaran kursi selama take-off dan landing adalah persyaratan keselamatan yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan dan otoritas regulasi penerbangan. Ini adalah bagian dari prosedur standar yang dirancang untuk melindungi penumpang selama fase kritis penerbangan.

Dengan mengikuti instruksi keselamatan di pesawat sangat penting untuk melindungi diri sendiri dan penumpang lainnya. Meskipun fase take-off dan landing mungkin terlihat rutin, itu adalah waktu yang paling kritis selama penerbangan.

Baca juga: Kata Pramugari ke Penumpang: Jangan Tekan Tombol Panggil Jelang ‘Take-off and Landing’

Dengan mengikuti instruksi keselamatan dan prosedur yang ditetapkan, maka Anda dapat berkontribusi pada keselamatan dan kenyamanan penerbangan secara keseluruhan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru