Friday, October 25, 2024
HomeBandaraBila Terjadi Insiden pada Pesawat, Inilah Pesan yang Ditampilkan Papan Informasi Kedatangan...

Bila Terjadi Insiden pada Pesawat, Inilah Pesan yang Ditampilkan Papan Informasi Kedatangan di Bandara

Bagi sebagian orang, menanti kedatangan pesawat yang berisi kerabat atau keluarga, adalah momen yang mendebarkan. Meski saat ini pergerakan pesawat dapat dipantau secara realtime lewat aplikasi di web dan mobile, namun, pemantauan status penerbangan lewat papan informasi kedatangan (arrival board) di terminal kedatangan masih menjadi acuan, pasalnya informasi yang dirilis otoritas bandara dianggap punya keakuratan tinggi.

Baca juga: Kocak! Gegara Salah Tulis, Papan Informasi di Bandara ini Malah Bikin Bingung

Nah, apa yang terjadi bila ada kasus insiden yang terkait pesawat yang akan mendarat di bandara tujuan. Informasi apakah yang akan ditampilkan pada status penerbangan di papan informasi kedatangan?

Dari forum quora.com, disebut dalam insiden pesawat yang tidak menguntungkan, sangat penting untuk dipahami bahwa status penerbangan yang ditampilkan di situs web maskapai atau papan kedatangan di tempat tujuan dapat bervariasi, tergantung pada bandara dan maskapai.

Variabilitas ini menuntut perhatian Anda. Berikut sekilas status potensial yang mungkin Anda temui – Tertunda (Delayed), Lanjutkan ke Penghitung Informasi (Proceed to Information Counter), Dibatalkan (Canceled), atau bahkan bidang status kosong, yang justru akan membingungkan dan membuat cemas pihak yang menanti kedatangan.

Jika Anda benar-benar ingin mencari informasi penerbangan yang komprehensif dan terkini, kunjungi situs web pelacakan penerbangan yang andal seperti FlightAware dan Flightradar24. Platform ini tidak hanya memberikan perincian penting mengenai rute penerbangan, keberangkatan, dan waktu kedatangan, tetapi juga mengungkapkan data penting seperti status penerbangan saat ini, ketinggian, kecepatan udara, dan bahkan koordinat lintang dan bujur.

Pihak otoritas bandara sering kali menghubungkan papan kedatangan mereka ke sistem penerbangan lanjutan seperti FlightAware atau Status Penerbangan, yang memungkinkan Anda untuk mengakses informasi terkait kecelakaan secara terus-menerus.

Maskapai dan otoritas bandara biasanya sangat berhati-hati dalam menyatakan keadaan darurat seperti itu, kecuali mereka benar-benar yakin bahwa pesawat tersebut hilang. Jadi kemungkinan besar mereka akan memulai dengan menampilkan pesan “Tertunda”.

Baca juga: Bandara Adisutjipto Gunakan Bahasa Jawa untuk Pemberitahuan kepada Penumpang

Setelah konfirmasi bahwa pesawat hilang, otoritas bandara biasanya mengatur agar keluarga yang berduka menerima layanan informasi dan konseling. Ini adalah praktik standar di bandara di sebagian besar negara, meskipun bukan satu-satunya yang disetujui.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru