Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa AngkutanKumpulkan Ratusan Juta Dollar, Vladimir Putin Naikkan Biaya Overflight Maskapai Hingga 20...

Kumpulkan Ratusan Juta Dollar, Vladimir Putin Naikkan Biaya Overflight Maskapai Hingga 20 Persen

Buntut dari perang yang berlangsung dengan Ukraina, Rusia terus menggenjot biaya penerbangan bagi maskapai yang menggunakan wilayah udaranya. Disebutkan Presiden Vladimir Putin tengah berjuang untuk mengumumpulkan ratusan juta dollar lebih banyak untuk biaya perang.

Baca juga: Demi Efisiensi Waktu dan Biaya, Cathay Pacific Kembali Layani Rute Hong Kong – New York Melintasi Ruang Udara Rusia

Dikutip dari Telegraph.co.uk (25/6/2023), Kremlin telah menandatangani kenaikan 20 persen pada biaya yang dikenakan pada maskapai penerbangan dari sekutu Rusia dan negara netral dalam beberapa pekan terakhir. Hal tersebut terpaksa dilakukan karena hilangnya pendapatan dari maskapai Barat yang telah dipaksa oleh sanksi untuk mengambil rute memutar (tanpa melewati wilayah Rusia).

Sementara ada kabar dari Ukraina, bahwa para pejabat penerbangan Ukraina mulai meletakan dasar untuk membuka kembali bagian wilayah udara negara yang dilanda perang itu dalam 18 bulan ke depan.

Sumber penerbangan Ukraina mengatakan bahwa bandara di kota timur Lviv, kemungkinan akan menjadi yang pertama dibuka kembali, menyediakan jembatan udara untuk orang dan barang yang pergi ke dan dari Barat.

Sebelum perang, Rusia membebankan apa yang disebut biaya overflight ke maskapai penerbangan. Ini adalah bisnis yang menguntungkan, dengan besarnya ruang udara Rusia, maka pundi-pundi Kremlin setiap tahun bisa mencapai US$1,7 miliar. Ruang udara Rusia dianggap strategis karena sebagai rute penghubung antara timur-barat.

Namun, sanksi Barat membuat banyak maskapai terpaksa mengindari wilayah Rusia. Sejak Putin memulai perang dengan Ukraina pada 24 Februari 2022, maka sejumlah maskapai besar terpaksa harus menambah jam perjalanan mereka.

Baca juga: Buka Penerbangan Melintasi Ruang Udara Rusia, Air India Rogoh Jutaan Dollar ke Kremlin

Sumber industri senior penerbangan Rusia mengatakan bahwa Putin terpaksa menaikkan jumlah yang dibebankan kepada maskapai penerbangan yang menggunakan wilayah udara Rusia untuk mengkompensasi pendapatan overflight yang hilang.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru