Friday, October 25, 2024
HomeHot NewsParis AirShow 2023, De Havilland Luncurkan varian terbaru Twin Otter "Classic 300-G"

Paris AirShow 2023, De Havilland Luncurkan varian terbaru Twin Otter “Classic 300-G”

Sebagai jawara penerbangan perintis, nama pesawat turboprop DHC-6 Twin Otter begitu melegenda. Terbang perdana pada 20 Mei 1965, sampai saat ini Twin Otter masih banyak menjadi andalan pada penerbangan lintas perintis di seluruh dunia. Di Indonesia, nama Twin Otter begitu lekat dalam penerbangan di kawasan Papua. Dan di Paris AirShow 2023, De Havilland meluncurkan varian terbaru Twin Otter.

Baca juga: DHC-6 Twin Otter – Si Kecil Bandel Rajanya Daerah Pegunungan

De Havilland, pabrikan asal Kanada telah menghidupkan kembali produksi Twin Otter tepercaya dengan model yang diperbarui sepenuhnya. Saat Paris Air Show 2023, De Havilland telah mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi Twin Otter yang serba baru – pesawat utilitas bermesin dua tepercaya yang pertama kali terbang pada tahun 1965 dan telah melayani dalam banyak peran selama lima dekade beroperasi.

Pada hari pertama pembukaan Paris Air Show 2023 (19/6/2023), salah satu pengumuman penting yang menjadi berita utama awal adalah bahwa De Havilland Aircraft of Canada Limited (De Havilland) akan memproduksi versi yang sama sekali baru dari pekerja utilitas yang populer. yang bisa dibilang paling terkenal – DHC-6 Twin Otter.

Varian baru, yang dikenal sebagai DHC-6 Classic 300-G, diluncurkan secara di Paris AirShow 2023, dengan pabrikan akan mengungkapkan perjanjian pembelian untuk 45 pesawat pada tahap awal.

Peluncuran DHC-6 Classic 300-G menandai tonggak sejarah terbaru dalam perkembagan salah satu pesawat penerbangan komersial yang benar-benar hebat. Classic 300-G adalah generasi kelima dari pesawat Twin Otter dan bergabung dengan Seri 400 yang saat ini diproduksi oleh perusahaan melalui induknya, Viking Air.

Semua DHC-6 Twin Otter dapat beroperasi dalam berbagai peran, menurut perusahaan. Twin Otter telah dikenal membawa penumpang, mengangkut VIP, memindahkan kargo, melakukan operasi medis, dan melakukan misi khusus di banyak lingkungan dunia yang paling tak kenal ampun.

Keserbagunaan Twin Otter dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan konversi untuk operasi berbasis air dengan penambahan pelampung amfibi. Pesawat dapat bergerak dengan mulus di antara permukaan beraspal dan area pendaratan air saat dipasang di atas pelampung.

Twin Otter dikembangkan oleh perusahaan Kanada de Havilland Aircraft of Canada Ltd. (sekarang dikenal sebagai Viking Air Ltd.). Twin Otter, juga dikenal sebagai DHC-6, adalah pesawat bermesin ganda (twin-engine) dengan kapasitas tempat duduk hingga 19 penumpang.

Setelah terbang perdana, Twin Otter menjadi sangat populer sebagai pesawat yang tangguh dan serbaguna, mampu beroperasi di berbagai kondisi dan medan yang sulit, termasuk daerah terpencil dan pendaratan di landasan pendek. Pesawat ini banyak digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk transportasi penumpang dan kargo, penerbangan charter, survei udara, operasi pencarian dan penyelamatan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Jajal Terbang dengan Twin Otter “Isles of Scilly Skybus” Berusia 40 Tahun

Meskipun produksi pesawat Twin Otter asli dihentikan pada tahun 1988, permintaan yang tinggi dari pasar dan kebutuhan akan pesawat dengan kemampuan serupa menghasilkan pengembangan kembali pesawat ini oleh Viking Air pada tahun 2007. Sejak itu, Viking Air telah melanjutkan produksi pesawat Twin Otter baru dengan beberapa peningkatan dan perbaikan, memenuhi kebutuhan operator di seluruh dunia.

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru