Saturday, October 26, 2024
HomeDaratInilah Hindenburgdamm, Jalur Kereta Api di Atas Laut Sepanjang 11 Km di...

Inilah Hindenburgdamm, Jalur Kereta Api di Atas Laut Sepanjang 11 Km di Jerman

Kereta laut atau jalur kereta di atas laut bagi sebagian kalangan mungkin beranggapan hanya ada di film fiks atau anime semisal One Piece. Nyatanya, jalur kereta api di atas laut benar ada di dunia. Salah satunya berada di antara Pulau Sylt dan daratan utama kota Schleswig-Holstein, Jerman. Jalur kereta di atas laut yang dinamakan Hindenburgdamm ini bahkan disebut-sebut sebagai jalur kereta api pertama yang dibangun di atas lautan, tepatnya pada tahun 1923.

Baca juga: Terobos Banjir di Semarang, Inilah Keunggulan Lokomotif DH CC300 Produksi PT INKA

Dihimpun dari berbagai sumber, ide awal pembangunan jalur kereta api pertama yang dibangun di atas laut muncul akibat kapal feri kesulitan bersandar ke daratan utama Jerman setiap musim dingin karena lautan membeku. Celakanya,  Schleswig-Holstein di masa itu memegang peranan penting sebagai penggerak roda perekonomian di Jerman.

Rencana pembangunan ini dimulai pada tahun 1923 dan menghabiskan waktu 4 tahun sampai akhirnya jalur Kereta Api Hindenburgdamm resmi di buka pada bulan April 1927 oleh Presiden Republik Weimar (nama lain sebelum Republik Jerman), Paul von Hindenburg. Itu juga kenapa jalur kereta di atas laut itu dinamakan Hindenburg, diambil dari nama pemimpin saat itu, ditambah kata “Damm” yang artinya tanggul dalam bahasa Jerman.

Perusahaan yang membangun Hindenburgdamm adalah perusahaan Philipp Holzmann AG dari Frankfurt yang melakukan pembangunan dari daratan Jerman serta perusahaan Peter Fix Söhne dari Duisburg yang melakukan pembangunan dari Pulau Sylt.

Untuk melintasi tanggul ini dengan kereta api dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dan waktu antara terminal mobil di Niebüll (daratan) dan Westerland di pulau Sylt sekitar 30 menit. Hindenburgdamm sendiri merupakan bagian dari jalur kereta api yang disebut Marschbahn (“Jalur Kereta Api Rawa-Rawa”).

Baca juga: Terlepas dari Politik, Mungkinkah Pembangunan Jalur Kereta Cepat Bawah Air Cina ke Alaska?

Sejak di buka jalur ini langsung beroperasi penuh baik untuk angkutan umum maupun barang. Sampai hari ini, kereta api terus aktif melintasi jalur Hindenburgdamm. Setiap hari, tak kurang dari 100 kereta api yang melintas, dimana 50 di antaranya adalah kereta barang. Setiap tahunnya terdapat sekitar 450.000 kendaraan yang diangkut oleh kereta api untuk melintasi Tanggul Hindenburg.

Meski berada di ujung utara Jerman dan terpisah dari daratan utama, Pulau Sylt menjadi salah satu lokasi pabrik perakita merk mobil asal Jerman. Sudah begitu, bagi penduduk sekitar, tak ada akses lain kecuali kereta api Marschbahn atau Marsh Railway (jalur kereta api di utara Jerman yang salah satunya melewati  Hindenburgdamm).

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru