Saturday, October 26, 2024
HomeHot NewsAwak Kabin Thai Airways Lalai, Meja Penumpang dengan Makanan Tidak Dibersihkan Jelang...

Awak Kabin Thai Airways Lalai, Meja Penumpang dengan Makanan Tidak Dibersihkan Jelang Pendaratan

Sesuai peraturan keselamatan dalam penerbangan, pada tahapan pesawat lepas landas dan mendarat, maka meja penumpang harus dalam kondisi terlipat, yang bertujuan untuk memudahkan pergerakan penumpang jika terjadi kondisi kedaruratan. Namun, tidak demikian pada penerbangan Thai Airways rute Singapura – Bangkok.

Baca juga: Demi Bayar Utang, Thai Airways Jual Kursi Boeing 747 Lewat Live Facebook! Berapa Harganya?

Dikutip dari newsdirectory3.com, beredar video di TikTok yang memperlihatkan awak kabin Thai Airways gagal membersihkan meja penumpang sebelum mendarat, yang mana pada meja masih terdapat baki hidangan makanan. Buntut dari beredarnya video tersebut, awak kabin yang terkait mendapat sanksi skorsing dan harus menjalani pelatihan ulang.

Dalam hal ini, awak kabin gagal membersihkan meja penumpang sebelum mendarat, jelas merupakan pelanggaran prosedur keselamatan. Terkait hal itu, Thai Airways mengungkapkan sedang melakukan penyelidikan mendesak setelah video seorang penumpang viral di TikTok.

Video yang diposting oleh pengguna Praewa_panicha itu memperlihatkan dia dan dua temannya mendarat di Bandara Suvarnabhumi Bangkok dengan ketiga meja baki mereka terbuka dan masih memegang baki makanan.

Menurut Praewa Nang Mana, dia telah memencet bel untuk meminta bantuan dua kali sebelum mendarat, tetapi pramugari gagal membersihkan meja mereka. Tampaknya ketiga teman itu bukan satu-satunya, dengan Praewa menambahkan bahwa beberapa penumpang lain tampaknya juga tidak dibersihkan baki mereka.

Saat pesawat mendarat di Bangkok setelah penerbangan dari Bandara Changi Singapura botol air terlihat jatuh ke lantai. Praewa mengklaim bahwa meja nampan membuat sabuk pengaman menjadi sulit diikat, sementara mereka harus berpegangan pada nampan saat mendarat untuk mencegah kekacauan.

Praewa mengatakan bahwa awak kabin tidak melakukan pemeriksaan sebelum mendarat untuk memastikan meja telah disimpan (dilipat) dan gagal membersihkan baki makanan bahkan setelah mendarat. Ia kemudian harus keluar dari tempat duduknya dan meminta seorang anggota kabin untuk membersihkan meja mereka agar kedua temannya bisa keluar.

Tim komunikasi Thai Airways mengatakan bahwa, setelah penyelidikan mendesak, awak kabin ditemukan telah melalaikan kewajiban mereka dan diskors selama sebulan tanpa bayaran, bersamaan dengan dikeluarkannya peringatan tertulis.

Baca juga: Jijik! Ini Alasan Mengapa Penumpang Pesawat Harus Mengindari Makanan Langsung Di Atas Baki

Anggota kru juga akan diminta untuk menjalani pelatihan keamanan intensif sebelum mereka kembali bekerja. Thai Airways menambahkan bahwa pihaknya memiliki kewajiban terhadap keselamatan penumpang dan memiliki daftar periksa yang harus diikuti oleh awak kabinnya saat lepas landas dan mendarat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru