Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa AngkutanUnik! Ada Ruang Belajar-Perpustakaan di Kereta Lokal Cina, Ini Sederet Faktanya

Unik! Ada Ruang Belajar-Perpustakaan di Kereta Lokal Cina, Ini Sederet Faktanya

Ada yang menarik dari kereta lokal Cina. Tak hanya dilengkapi dengan toilet, tetapi juga ruang membaca (ruang baca) yang bisa dimanfaatkan oleh penumpang segala usia. Beberapa kursi kereta yang menghadap ke depan di beberapa gerbong diganti dengan kursi dan meja memanjang ke samping serta menghadap ke jendela. Mirip seperti ruang baca di perpustakaan.

Baca juga: Ada Iklan Tak Lazim di Stasiun Bawah Tanah Tokyo, Ditujukan untuk Pelajar yang Akan Ujian

Dari luar, kereta yang dilengkapi ruang baca tersebut sangat mudah dikenali berkat karakter Cina “Yu Yue” yang menghiasi eksterior kereta. “Yu Yue” berarti “bepergian dan membaca dengan gembira.” Selain itu ada juga slogan-slogan inspiratif lainnya yang membuat penumpang tertarik untuk memanfaatkan ruang baca yang terdapat di beberapa gerbong.

Kereta lokal yang kerap disebut sebagai slow train itu adalah kereta lokal relasi Chongqing – Xiushan. Keduanya berjarak sekitar empat jam perjalanan. Dalam kurun waktu tersebut, bagi penumpang yang memiliki mobilitas cukup tinggi, cukup sayang waktu terbuang percuma.

Karenanya, di setiap perjalanan, seperti dikutip Chinadaily, penumpang selalu menempati kursi kosong di ruang baca kereta, baik tua maupun muda.

Qiu Yangzhi, misalnya, seorang mahasiswi Chongqing Normal University selalu menempati kursi kosong di ruang baca kereta lokal Chongqing – Xiushan. “Tempat duduk yang luas dan terang cocok untuk membaca,” ujarnya.

Ada juga Wen Chenyi yang masih berusia 5 tahun. Bersama sang ibu, ia membaca puisi kuno dan merakit mainan di atas kereta sepanjang perjalanan.

Lain cerita dengan Deng Chaogang. Ia baru saja kembali ke Chongqing usai mengenyam pendidikan di luar negeri. Saat naik ke kereta, ia terkejut mendapati ada ruang baca dan ia pun memanfaatkannya untuk melakukan beberapa pekerjaan menggunakan komputer jinjing yang dibawanya.

Hadirnya ruang baca di kereta tak lepas dari kebutuhan para penumpang itu sendiri. Disebutkan, kereta menjadi transportasi utama mahasiswa dan siswa pergi-pulang ke sekolah atau universitas di pusat kota Chongqing, yang memiliki akses pendidikan jauh lebih baik dan mapan dibanding kota Xiushan.

Selain relasi Chongqing – Xiushan, kereta yang dilengkapi ruang baca atau ruang belajar juga hadir di beberapa relasi termasuk antara Chengdu-Kunming serta Guiyang-Beijing.

Baca juga: Kereta Pustaka Indonesia – Cerdaskan Bangsa di Usianya yang Senja

Di relasi Guiyang-Beijing, yang notabene melewati hampir 400 universitas dan perguruan tinggi, kereta bahkan tak hanya dilengkapi dengan ruang membaca tetapi juga rak buku termasuk buku-buku bacaannya. Penumpang bahkan dapat meminjam buku secara dratis, mirip seperti di perpustakaan. Tak heran, penumpang di sana menyebut kereta lokalan itu sebagai perpustakaan berjalan yang berada di atas kereta.

Meskipun pada umumnya ruang membaca di kereta-kereta tersebut digunakan untuk membaca, tak sedikit penumpang yang duduk di sana sekedar untuk melihat pemandangan dan berfoto seolah sebagai kereta panoramic.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru