Saturday, October 26, 2024
HomeHot NewsVW Kodok Bermesin Jet, Spektakuler Tapi 'Meragukan'

VW Kodok Bermesin Jet, Spektakuler Tapi ‘Meragukan’

Siapa yang tak kenal dengan VW (Volkswagen) Kodok, kendaraan asal Jerman ini telah hadir lintas zaman dan membuatnya eksis dari generasi ke generasi. VW Kodok yang aslinya berlabel VW Beetle, belum lama ini dikembangkan dalam performa yang tak lazim, di mana sebuah VW New Beetle dipasangi mesin jet, yang secara teori membuatnya mampu melesat bak roket.

Baca juga: Volkswagen SEDRIC School Bus, Kendaraan Otonom dengan Balutan “Bus Sekolah”

Dikutip dari slashgear.com (30/11.2022), VW Beetle mungkin adalah kendaraan yang paling tidak diharapkan untuk diasosiasikan dengan mobil bertenaga jet. Coupe kompak ini dimaksudkan untuk menjadi mesin yang praktis dan mudah dikendarai serta tidak berisik. Spesifikasi Volkswagen New Beetle mencakup opsi mesin yang terdiri dari empat silinder berkapasitas rendah dengan tenaga yang sama kecilnya.

New Beetle kecepatan tertinggi mulai dari 100 mph (untuk model dasar) hingga 126 mph (untuk varian Turbo). Akselerasi juga tidak lebih cepat, dengan Volkswagen entry-level baru ini mencapai 0 hingga 62 mph dalam waktu 14,6 detik, sedangkan yang Turbo mendapatkan 8,7 detik yang layak namun masih mengecewakan.

Hal itulah yang kemudian menarik minat Ron Patrick, seorang insinyur mesin yang menginginkan kendaraan legal namun “liar” di jalanan. Menurut situs webnya, Patrick memasang General Electric Model T58-8F, yaitu mesin turboshaft yang biasanya digunakan pada helikopter militer.

Mesin yang dimodifikasi itu sendiri sudah idle pada 13.000 RPM, tetapi dapat mencapai hingga 26.000 RPM. Ini memberi mobil bertenaga jetnya 1.350 tenaga kuda.

Baca juga: Lebih Fleksibel dan Ramah Digital, Volkswagen Rilis Logo Baru

Sayangnya, Patrick tidak mengetahui kecepatan tertinggi Jet Beetle ini. Ia mengatakan dirinya tidak ingin menjajal mesin jet di VW ini, dia tidak ingin berbuat terlalu jauh hanya karena ingin membuatnya. Alhasil VW Kodong bermesin jet ini hanya untuk hiburan, kreatornya sendiri tak mau menjajal, lantaran khawatir menjadi ‘peti mati’ baginya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru